Teks Eksplanasi

eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah salah satu tema pembelajaran kurikulum tahun ini. Tidak jarang para siswa yang masih belum mengerti, bahkan guru masih menanyakan makna teks eksplanasi. Apa sih teks eksplanasi? Ternyata teks ini sebenarnya sudak akrab dengan kehidupan kita. Hanya saja selama ini kita jarang menggunakan istilah ini. Definisi teks eksplanasi adalah teks yang berisi fenomena alam maupun fenomena social atau budaya.

Berdasarkan kaidah penulisannya teks eksplanasi secara umum merupakan teks naratif ekspositoris dan eksposisi. Oleh karena itu dalam penyajiannya akan selalu kronologis. Dengan kata lain teks ini akan merujuk pada pola urutan waktu atau menggunakan istilah lain kronologis dan temporal. Teks ini akan bersifat faktual dan terfokus pada objek yang sedang dijelaskan.

Secara garis besar penulisan teks eksplanasi akan terbagi dalam tiga kategori, yaitu pernyataan umum, penjelasan, dan berakhir dengan sebuah simpulan yang biasa akan berupa interpretasi. Pernyataan umum dalam teks eksplanasi akan berisi satu statemen umum tentang suatu topik. Bisa juga berupa penjelasan proses keberadaan, proses terjadinya, dan proses terbentuknya suatu peristiwa atau suatu fenomena yang dimaksud. Pada bagian pernyataan umum ini harus bersifat ringkas, menarik, dan jelas. Tujuannya agar mampu membangkitkan minat pembaca untuk membaca rinciannya lebih lanjut.

Sementara itu, pada bagian penjelas akan berisi rincian atau detail proses keberadaan atau proses terjadinya. Selain itu, pada bagian ini dapat berisi jawaban pertanyaan “bagaimana”. Pertanyaan ini tentu akan memerlukan jawaban yang berupa statemen atau pernyataan. Walaupun tidak menutup kemungkinan jawaban yang disampaikan berupa tahapan. Pada penjelasan tahapan ini bisa menggunakan urutan seperti pertama, kedua, dan seterusnya. Sedangkan pada bagian akhir tentunya akan berupa simpulan. Pada simpulan ini bisa berupa interpretasi penulis itu sendiri.
Adapun tujuan penyajian teks eksplanasi ini sebenarnya mengajak pembaca lebih kritis terhadap suatu fenomena. Dengan kemampuan menganalisis teks tersebut nantinya pembaca menjadi orang yang peka terhadap setiap persoalan. Selain itu penyajian teks ini diharapkan mampu menumbuhkan sikap disiplin, jujur, peduli, dan tanggap dalam menghadapi setiap persoalan hidup. Harapannya melalui berbagai teks eksplanasi pembaca menjadi orang yang bijaksana dan senantiasa mau menjaga dan mengembangkan rasa solidaritas. Melalui teks ekplanasi pembaca mampu menciptakan kedamaian dan kesejahteraan bersama demi terwujudnya keselarasan dalam berbangsa dan bernegara.

Nah, ini yang dimaksud dengan teks eksplanasi yang saat ini menjadi salah satu bab pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Semakin banyak teks eksplanasi yang dipelajari dan dianalisis oleh para siswa berarti akan semakin banyak nilai yang dipahami dan dimengerti oleh para siswa. Semakin banyak nilai yang ditemukan dipahami oleh para siswa berarti akan semakin banyak pula siswa yang kian cerdas tidak hanya secara akdemik tetapi juga memiliki kecerdasan emosional dan spiritual. Semakin banyak hal ini dimiliki oleh generasi muda, berarti negara dan bangsa ini semakin cerah masa depannya.

Salam-AST 27012015

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.