IPA kelas VI : Sifat dan keadaan planet dalam Tata Surya

Kemarin kita sudah membahas secara umum tentang benda-benda yang terdapat di tata surya, sekarang saya akan membahas secara khusus tentang Planet :

a. Merkurius.

* Merkurius adalah Planet terkecil dalam tata surya, memiliki diameter kurang dari 4.878 km dan jarak rata-ratanya dari Matahari adalah 57,9 juta km.

*Memiliki Temperatur di siang hati dapat mencapai 430 derajat Celcius dan di malam hari mencapai -170 derajat celcius.

* Sekali putaran mengelilingi Matahari, merkurius memerlukan waktu 88 hari di Bumi, jadi satu tahun di Planet Merkurius hanyalah selama 88 hari di Bumi, sementara itu periode Rotasinya sangat lama, yaitu 59 hari.

* Atmosfer merkurius sangat tipis, terdiri dari uap natrium dan kalsium.

b. Venus

* Banyak nama panggilan untuk planet ini, seperti bintang Timur, Bintang Pagi, Bintang senja, Bintang Barat atau Bintang malam tergantung waktu planet ini dapat dilihat dari Bumi. ada lagi yang menyebutnya Bintang Kejora.

* Jarak rata-rata venus dan matahari adalah 108,2 juta km. memiliki diameter kira-kira 12.100 km.

* Sekali beredar mengelilingi matahari, venus memerlukan waktu 224,7 ( dibulatkan menjadi 225 ) hari di Bumi. Jadi satu tahun di venus adalah 225 hari. sementara itu kala rotasi venus adalah 243 hari.

* Hal aneh dari planet ini adalah arah rotasinya yang berlawanan dengan arah rotasi planet – planet lain, yaitu dari timur ke Barat.

* Planet Venus selalu ditutupi awan padat, temperatur permukaannya sangat tinggi ( 480 derajat Celcius). tekanan Atmosfernya ( terdiri dari karbondioksida dan nitrogen) juga sangat tinggi yaitu kira- kira 90 kali tekanan atmosfer Bumi.

c. bumi

* Bumi mempunyai atmosfer yang tersusun dari Nitrogen ( N2) 78 % , Oksigen ( O2) 21 % , dan sisanya 1 % terdiri dari Argon, karbondioksida, Ozon, dan gas – gas lain.

* Diameter Bumi kurang lebih 12.756 km dan kira-kira ua pertiga dari permukaan bumi ditutupi oleh air.

* satu kali Rotasi Bumi memakan waktu 24 jam, sedangkan waktu berevolusi selama 365 1/4 hari atau satu tahun untuk satu kali putaran.

* Bumi memiliki sebuah satelit alam bernama Bulan.

d. Mars

* sering disebut planet merah karena jika dilihat langsung oleh mata atau dengan teropong, planet mars tampak berwarna kemerah-merahan.

* Pada permukaan Mars terdapat kawah-kawah dengan diameter mencapai 200 km.

* Temperatur rata-rata permukaan Mars kira-kira -18 derajat Celcius. Pada siang hari temperatur Mars mencapai 50 derajat sampai 60 derajat Celcius, sementara pada malam hari mencapai 100 derajat celcius di bawah nol.

* Mars memiliki garis tengah ( diameter ) 6.786 km. Rotasi Mars membutuhkan wakti 24,6 jam dan sekali mengelilingi matahari, membutuhkan waktu 687 hari. Jarak rata-rata mars dan Matahari adalah 249,1 juta km.

* Atmosfer Mars tipis, tersusun dari Karbondioksida dan Nitrogen, dan tekanannya sangat rendah, yaitu 0,0005 kali tekanan di permukaan Bumi.

* Mars mempunyai dua buah satelit yaitu Phobos dan demos

e. Yupiter

* dinamakan Yupiter yang menurut orang Romawi berarti Raja Langit karena planet ini adalah planet terbesar dalam tata surya., memiliki massa lebih kurang 300 kali massa bumi sehingga disebut juga Tubuh Raksasa.

* Memiliki Diameter 142.984 km atau sekitar 11 kali diameter bumi. Jarak Planet Yupiter ke Matahari adalah 778 km. Kala revolusi planet ini lebih kurang 11,9 tahun dan kala rotasinya 9 jam 55 menit.

* atmosfer Yupiter terdiri dari Hidrogen dan helium, dapat mencapai ketebalan 1000 km.

* Planet ini memiliki 16 satelit dan yang paling besar antara lain Io, Europa, Ganymeda dan Callisto.

f. Saturnus

* Merupakan Planet terindah karena memiliki cincin-cincin yang melingkarinya yang terdiri dari bongkahan es atau batui kerikil yang dilapisi es. Planet ini tampak berwarna kekuning-kuningan.

* Mempunyai diameter 120.536 km dan jaraknya dari Mataharis ejauh 1.426 juta km. Kala revolusi adalah 29,5 tahun dan kala rotasi lebih kurang 10,7 jam.

* Memiliki atmosfer terdiri dari helium dan Hidrogen. selain itu ada juga sejumlah kecil Metana, Uap air, dam gas Amonia.

* saturnus memiliki paling sedikit 18 satelit dan satu diantaranya yang paling besar adalah Titan dengan diameter 5.120 km.

g. Uranus

* Ditemukan oleh Sir Wilhelm Herschell dari Inggris pada tahun 1781.

* Memiliki jarak rata-rata dari matahari lebih kurang 2.869 km. Planet ini diselubungi oleh awan tebal.

* Masa peredaran mengelilingi matahari sama dengan 84 tahun dan kala rotasinya sama dengan 17 jam,dengan arah rotasi dari Timur ke Barat. memiliki diameter mencapai 51.118 km.

* Atmosfer planet ini terdiri dari Hidrogen, Helium, dan Metana.  mempunyai suhu kira-kirea -190 derajat celcius.

* Memiliki 15 satelit dengan 5 satelit terbesar yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania dan Oberon.

h. Neptunus

* Keberadaan planet ini diramalkan oleh John Loweh Adams dari Inggris yang bekerja sama dengan Jean Joseph Le Verrier dari Perancis pada tahun 1846, dan berhasil diamati oleh Johan Lalle di berlin.

* Memiliki diameter 49.528 km, memiliki jarak dari mataharis ejauh 4.490 juta km, brewarna cerah kebiru-biruan, memiliki atmosfer terdiri dari Helium, Hidrogen dan Metana. temperatur permukaan sekitar -210 derajat Celcius. Kala revolusinya 165 tahun dan kala rotasinya 16 jam.

* Memiliki 8 satelit dan tiga yang terbesar, yaitu Triton, Nereid dan Proteus.

Sekian penjelasan singkat, disambung lain waktu,,

Sumber : Haryanto, Sains untuk SD kelas 6, penerbit Erlangga

sumber Gambar : www.pdst.ie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.