Belajar Geometri Molekul Dengan Balon Warna Warni

Untuk pelajar SMA kelas tiga , untuk pelajaran kimia ada pelajaran tentang geometri molekul. Kalau membicarakan geometri artinya berhubungan dengan ruang. Kadang dalam mempelajarinya perlu membayangkan ruang. Seringkali siswa mengalami kesulitan. Begitu juga mempelajari geometri molekul sering kali siswa mengalami kesulitan karena harus membayangkan atom-atom yang ada dalam suatu ruang molekul. Untuk memudahkannya bisa menggunakan balon-balon warna-warni sebagai alat peraganya. Sebelum menerangkan bagaimana menggunakan balon ini, tentunya kita harus tahu dulu teori tentang geomteri molekulnya.

 

Geometri molekul merupakan susunan tiga dimensi atom-atom yang menyusun molekul atau posisi atom-atom dalam sebuah molekul. Sedangkan geometri molekul itu sendiri sangat berorientasi dengan atom-atom yang saling berikatan satu sama lainnya dan membentuk sudut ikatan antar atom yang sangat tergantung kekuatan seluruh bagian molekul. Geometri molekul sangat berkaitan erat dengan reaksitivitas, fase material, warna, sifat magnet dan aktivitas biologi.

 

Ada jenis-jenis sttuktur molekul

  1. Linier dimana atom-atom yang terhubung ada pada suatu garis lurus dan sudut ikatan yang terbentuk 1800 .
  2. Trigonal planar dimana molekul ini membentuk sebuah sisi segitiga sama sisi dengan sudut 1200
  3. Bengkok adalah molekul yang mempunyai sudut tidak sama denagn 1800
  4. Tetrahedral mempunyai empat sisi muka dengan sudut yang terbentuk 109,47 0
  5. Oktahedral mempunyai delapan sisi muka dengan sudut yang terbentuk 900 .

 

  1. Piramida mirip dengan limas segi empat

balon1

Satu lagi untuk bisa menggambarkan geomteri molekul siswa perlu mengetahui teori domain elektron yaitu cara meramalkan geometri molekul berdasarkan teori tolak menolak elektron pada kulit luar atom pusat yang menyempurnakan teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repulsion). Domain elektron dapat ditentukan , yaitu setiap elektron dengan ikatan tunggal/rangkap merupakan satu domain dan setiap elektron bebas dihitung satu domain . Jadi untuk meramalkannnya perlu diperhatikan ada tiga jenis gaya tolak dalam molekul , antar pasangan elektron ikatan ,antara pasangan elektron bebas dan antara pasangan elektron ikatan dan bebas. Elektron dalam satu ikatan akan ditahan oleh gaya tarik inti kedua atom yang berikatan dimana elektron ini mempunyai distribusi ruang yang kurang dibanding pasangan elektron bebas.Karena pasangan elektron bebas dalam molekul menempati ruang yang lebih besat, pasangan elektron ini mengalami tolakan yang lebih kuat dari pasangan elektron bebas tetangganya dan dari pasangan elektron ikatan. Akibat kekuatan tolakan pasangan elektron bebas yang besar menyebabkan molekul membentuk sudut dan kemiringan. Untuk mencatat jumlah total pasangan elektron ikatan dan pasangan elektron bebas kita menuliskan dengan tipe molekul AXE dimana A adalah atom pusat,X adalah pasangan elektron ikatan dan E adalah pasangan elektron bebas.

balon2

Nah, mari kita jelaskan bagaimana menggunakan balon agar lebih memudahkan melihat bentuk geometri dari suatu molekul. Balon kita anggap sebagai atomnya. Ada rumus kimia yang harus dibuat geometri molekulnya, pertama ditulis dulu tipe molekulnya sehingga tahu berapa pasangan elekron ikatan dan berapa pasangan elektron bebasnya. Kemudian dengan memperhatikan semua dibuat bentukan molekul dengan balon. Balon-balon tersebut ditiup terlebih dahulu dengan besar tertentu. Dari tipe molekul yang sudah dibuat bisa membentuk balon-balon tersebut menjadi bentuk yang sesuai dengan tipe molekulnya. Dan ini membuat siswa tak kesulitan membayangkan ruang dimensi dalam molekul. Silahkan mencobanya….

 

balon3A

4 Komentar

  1. Avatar

    wah menarik bejarnya

  2. Avatar
    Akhmad Muhaimin Azzet

    Belajar jadi terasa menyenangkan dan berkesan ini 🙂

    • Avatar
      Hastira Soekardi

      iya pak Akhmad, anak-anak lebih ceria dalam memahami hal yang sulit tinggal bagaimana guru memberi jalan yang menyenangkan agar mereka mengerti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.