Permainan Dua-Dua Untuk Belajar Unsur Logam Dan Non Logam

atom

Sumber gambar di sini

          Pelajaran kimia untuk kelas X awal biasanya lebih dulu mengenal tentang unsur kimia. Lambang unsur biasanya dituliskan dengan satu huruf dan ditulis dengan huruf besar. Bila nama unsur ada dua huruf maka huruf yang kedua ditulis dengan huruf kecil. Contohnya. Nitrogen mempunyai lambang unsur N dan Natrium mempunyai lambang unsur kimia Na. Jadi huruf pertama ditulis dengan huruf besar dan huruf kedua ditulis dengan huruf kecil.

 

Unsur biasanya digolongkan menjadi unsur logam, non logam dan semi logam. Unsur logam itu sendiri unsur yang mengkilap dan bersifat penghantar listrik yang baik Biasanya berwujud padat kecuali air raksa yang memiliki wujud cair. Logam bisa ditempa menjadi benda-benda lainnya. Untuk unsur non logam wujud umumnya berwujud gas dan padat pada suhu dan tekanan yang normal Biasanya keras dan getas . Ada pula yang berwujud cair seperti bromin. Dan bersifat penghantar listrik yang buruk. Dan yang terakhir unsur yang semi logam atau yang lebih dikenal dengan metaloid dan bersifat semikonduktor. Artinya tak bisa menghantarkan listik dengan baik pada suhu yang rendah tapi pada suhu yang lebih tinggi mampu menghantarkan listrik yang baik

 unsur1A

            Jumlah unsur di alam begitu banyak. Untuk memudahkan mempelajarinya unsur-unsur tersebut dibuatkan sisitim periodik unsur. Untuk memudahkan siswa belajar nama unsur dan sifatnya. Siswa disuruh mempelajari semua jenis unsur dan mana yang bersifat logam, non logam dan semi logam. Untuk memperlancar bisa diadakan permainan dua-dua . Untuk permainan ini dilakukan di lapangan agar lebih memudahkan siswa bergerak. Alat yang dibutuhkan bola-bola plastik kecil yang sudah ditulisi dengan nama unsur. Satu bola kecil ada satu nama unsur. Siswa berdiri melingkar dan setiap siswa diberi bola secara acak. Masing-masing siswa melihat nama unsur yang terdapat di bola dan mereka harus sudah tahu unsur yang ada di bola mereka mempunyai sifat logam , nonlogam atau metaloid. Saat guru menyebutkan tiga-tiga , maka siswa yang memegang unsur logam harus mencari siswa yang lain yang memegang unsur logam untuk berkumpul tiga-tiga begitu juga yang non logam dan semi logam. Saat guru menyebutkan lima-lima maka mereka harus berkumpul lima-lima sesuai unsurnya. Setalah terlihat lancar, bola dikumpulkan lagi dan siswa diberi bola lain yang unsurnya berbeda dengan yang tadi. Begitu seterusnya permainan ini dilakukan.

 unsur2A

           Keseruan yang terjadi di lapangan apalagi saat siswa tak mendapat pasangan dan celingukan mencari siswa lainnya. Tanpa disadarai mereka bermain dan belajar. Walau panas terik tak menyurutkan siswa untuk bergembira mencari pasangan unsur yang sesuai. Mungkin ini bisa dicoba keseruannya saat mempelajari unsur di kelas X. Saat mereka di tes keesokan harinya ,kemampuan mereka meningkat tajam daripada sebelum dilakukan permainan dua-dua ini. Silahkan mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.