Hari Keadilan Sosial Sedunia

DD 3Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau hari ini setiap tanggal 20 Februari diperingati sebagai hari Keadilan Sosial Sedunia, dan seperti ini sejarahnya:

* Berdasarkan Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa bulan November 2007, PBB mencanangkan hari internasional baru, yaitu Hari Keadilan Sosial Sedunia. Resolusi itu menyerukan semua negara di dunia untuk menjalankan sistem perekonomiannya berdasarkan keadilan, kesetaraan dan tanggung jawab bersama. Organisasi Buruh Internasional PBB ILO di Jenewa punya gambaran jelas, bagaimana keadilan sosial dapat benar-benar terwujud.

* Phillipe Egger dari ILO menyadari, masih banyak masalah yang harus diselesaikan. “Pertumbuhan ekonomi harus menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan perbaikan kondisi pekerjaan di seluruh dunia. Peningkatan kesejahteraan dalam 15 hingga 20 tahun belakangan ini belum berarti membawa perbaikan taraf hidup dan kondisi pekerjaan manusia. Untuk menghubungkan semua faktor itu, diperlukan keadilan sosial,“ ungkapnya.

* Bagi Phillipe Egger, keadilan sosial juga berarti kesiapan berunding semua mitra di bidang sosial. Dalam perundingan semacam ini, pihak yang lemah juga sepatutnya berhak untuk menyatakan pendapatnya. Aspirasi masyarakat yang secara sosial dirugikan, juga merupakan sasaran organisasi All Together for Dignity ATD Dunia Keempat. Organisasi non pemerintah ini bertujuan menentang disisihkannya masyarakat miskin.

* Xavier Versat dari ATD Dunia Keempat yang berpusat di Jenewa, menyambut baik dicanangkannya Hari Keadilan Sosial Sedunia. Katanya, “Keadilan sosial artinya berupaya bersama agar tiap manusia dihargai dan punya harga diri. Bagisaya, ada satu lagi hari peringatan internasional PBB yang penting. Yaitu, Hari Pengentasan Kemiskinan Sedunia, yang diperingati tiap tanggal 17 Oktober. Pesan dalam hari peringatan ini adalah, jika seseorang direndahkan karena dia miskin, itu adalah suatu pelanggaran HAM. Berbaur dengan mereka dan menghargai mereka merupakan tugas mulia. Kita masih jauh dari sasaran tersebut. Suatu ide yang baik jika di tanggal 20 Februari ini, hal itu diingatkan kembali.”

* Perserikatan Bangsa-Bangsa sejauh ini sudah mencanangkan lebih dari 60 hari peringatan internasional. Jumlah itu akan terus bertambah. Marie Heuzé, juru bicara PBB di Jenewa, memastikan bahwa PBB tidak akan membatasi pencanangan hari peringatan internasional yang baru.
Heuzé mengimbau agar peranan penting Hari Keadilan Sosial Sedunia selalu diingat, “Intinya adalah perhatian opini publik, yang juga menjadi sasaran organisasi non pemerintah dan pemerintah negara-negara, walau pun belum tentu menjadi sasaran utama mereka. Jika melihat daftar hari peringatan yang ada, tentu saja tidak semua organisasi atau negara memperingati seluruh hari tersebut. Ini merupakan masalah pilihan saja.“

* Keadilan sosial bukanlah tema favorit diskusi terbuka. Namun karena saat ini dunia sedang mengalami krisis keuangan dan ekonomi, maka tema keadilan sosial menjadi lebih penting untuk didiskusikan, demikian dikatakan Phillipe Egger dari ILO. Apalagi, krisis ekonomi ini merupakan buah sistem keuangan yang tidak adil.

* Menurut Egger, Hari Keadilan Sosial Sedunia diperingati pada saat yang tepat. Alasannya, “Di dunia terdapat sangat banyak masalah sosial, dan harus segera diselesaikan. Terutama di negara miskin. Oleh sebab itu, PBB bertugas untuk memperingatkan bahwa masalah ini memerlukan solusi.“

Source : http://www.dw.de/peringatan-hari-keadilan-sosial-sedunia/a-4044091

Pict source :www.roketkini.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.