Bikin Mading, Yuk!

mading

Kalau kemarin kita sudah membaca dan akhirnya tahu apa itu jurnalistik, maka hari ini kita akan mencoba menerapkannya. Dalam melaksanakan tugas menjadi seorang jurnalis kita bisa memulai dari hal yang sederhana. Salah satu bentuk jurnalistik yang bisa dilakukan oleh siapa saja adalah dengan membuat majalah dinding. Majalah dinding atau yang lebih akrab dengan istilah Mading, pasti dapat dijumpai di setiap sekolah. Nah melalui pembuatan mading ini, kalian dapat bereksperimen menjadi wartawan. Tentu tidaklah sulit, karena kalian bisa mencoba dengan liputan sederhana yang ada di sekeliling kalian.

Ada beberapa hal yang harus kalian pahami sebelum menyusun mading. Majalah dinding biasanya akan terbit secara berkala. Maksudnya mading ini harus kita tentukan akan terbit mingguan, dua mingguan atau mungkin sebulan sekali. Selain itu dalam menyusun majalah dinding, redaksi harus menentukan tema. Tema mading biasanya hal-hal sederhana yang dekat dengan kehidupan kalian, misalnya: menabung, liburan, atau games. Mading juga kaya akan ilustrasi, oleh karena itu kreativitas pengelola mading sangat diperlukan. Demi penampilan yang menarik, biasanya mading juga akan kaya warna. Namun demikian, satu hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu bahwa isi, gambar, foto, dan warna harus mampu menjelaskan tema.

Satu hal yang akan membedakan mading dengan majalah biasa adalah cara penyajiannya. Majalah dinding ini tidak akan dicetak tetapi akan ditempelkan di dinding atau tembok sekolah, oleh karena itu pemilihan bahan dasar perlu diperhatikan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan sekolah memang sudah menyediakan media untuk memasang mading.
Sekarang kalian bisa mulai menyusun mading. Hal apa saja yang harus kalian siapkan ketika akan membuat mading? Pertama tentu kalian harus menyusun dewan redaksi. Dewan redaksi adalah tim yang akan bertanggung jawab terhadap terbitan kalian. Kedua, setelah tersusun tim tentukan tema yang akan menjiwai mading . Ketiga, pembagian tugas. Pembagian tugas ini sangat penting, karena anggota akan bekerja sesuai dengan tugas masing-masing.

Dewan redaksi seperti apa yang diperlukan dalam penerbitan mading? Minimal kita menentukan empat orang yang akan bertanggung jawab. Pertama, seorang pemimpin redaksi. Tugas pemimpin redaksi adalah membagi tugas dan menuliskan salam redaksi. Kedua, anggota redaksi yang biasanya akan lebih dari satu orang. Anggota redaksi ini mempunyai tugas menulis berita, wawancara, hingga mengisi berbagai rubrik seperti sastra, olah raga, hoby dll. Ketiga, illustrator. Illustrator mempunyai tugas melengkapi ilustrasi yang diperlukan dalam penyajian berita, dan keempat adalah tim artistik yang mempunyai tanggung jawab menyusun atau menata mading agar menarik sehingga menimbulkan minat pembaca untuk menikmati isi mading. Akan tetapi karena kalian masih belajar, hendaknya semua juga tetap harus menulis berita sesuai dengan tema.

Nah, tunggu apa lagi? Ajak teman untuk menyusun mading yang menarik di sekolah kalian!
Salam DD-AST 100114

2 Komentar

  1. Avatar

    iya, kan melalui mading bisa menuangkan banyak ide dan nanti bisa jadi penulis spt Om Kate…

  2. Avatar
    katedrarajawen

    iya bu Guru, kalau ada mading kan asyik ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.