Mading 3D, Mading Kreatif

Mading yang sudah biasa dengan cara ditempelkan di dinding yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran sudah pernah saya bahas di sini. Kini ada mading yang lebih menarik dan tertantang untuk dibuat adalah mading 3D atau yang lebih dikenal dengan mading 3 dimensi. Mading yang mempunyai ruang. Penggunaan mading 3D ini lebih bisa menampilkan ekspresi dari tulisan lebih jelas dan lebih kreatif lagi. Bentuk mading 3D dimensi ini juga lebih membuat pembacanya tertarik . Memang untuk mading 3D ini membutuhkan ruang yang lebih besar, tapi dalam hal kreatifitas lebih bisa menunjang anak-anak lebih kreatif lagi. Bahan-bahan bisa dari bahan daur ulang bisa digunakan seperti kertas koran bekas, dus bekas dan bahan-bahan lainnya yang bisa dipadukan sehingga lebih menarik. Alangkah baiknya setiap sekolah paling tidak dua bulan sekali bisa membuat mading 3D . Ini bisa merangsang anak-anak lebih kreatif dan tertantang, hanya tinggal sekolah yang menyediakan tempat yang agak leluasa untuk menaruh mading 3D ini.

Di artikel kali ini saya akan memberikan beberapa contoh mading 3D dengan beberapa tema

1 Tema Bumi.

Menceritakan bagaimana bumi harus bisa menjadi tetmpat tinggal yang nyaman bagi manusia. Dibuat dari besi yang dilas membentuk globe bumi. Beberapa tulisan yang menyangkut bumi ditempelkan di globe tersebut.

 

 mading1A

 

2 Tema Lingkungan Hidup

Yang pertama tentang pohon. Bagaimana pohon yang bisa mempengaruhi kehidupan makhluk lainnya di bumi ini. Kerusakan yang bisa terjadi akibat pohon mengalami penebangan dan pengrusakan. Dibuat dari dus bekas .

 

 mading4A

 

Yang Kedua. Juga masih mengenai pohon tapi dihubungkan dengan mansuia, hewan dan kehidupan di kota. Dibuat dengan alas dari triplek, karton, dus bekas dan kertas warna.

 

 mading2A

 

3 Tema sosial.

Yang Pertama adalah tentang rumah kita. Menggambarkan bagaimana rumah seharusnya membuat bahagia, rumah yang penuh dengan keceriaan dan kegembiraan. Dibuat dari dus bekas , dibentuk seperti rumah dan beberapa kertas lainnya.

 

 mading3A

 

Yang kedua tentang teh. Menuliskan tentang kebaikan –kebaikan dari minum teh, sejarah dan pengolahan teh yang artikelnya ditempel di dus bekas yang sudah dibentuk menjadi bentuk cangkir.

 

 mading5

 

Ini hanya sekedar contoh, artinya teman-teman bisa membuat sendiri dengan kreatifitasnya dengan tema yang beragam. Bila di sekolah kalian sudah bisa menampilkan mading 3D , akan menambah nilai bagi sekolah kalian. Berkreasilah dan belajar menulis yang benar melalui mading 3D. Selamat Mencoba!!!!

 

Sumber foto : dokumen pribadi

 

Satu Komen

  1. Avatar

    Wah, mading 3D memang unik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.