Mind Map Menggunakan Gambar

Pernah melihat buku paket pelajaran ??? Pasti di setiap bab pasti terdapat peta konsep yang menggambarkan hubungan antara pokok bahasan. Peta konsep itu merupakan alat visual untuk mengorganisasikan pengetahuan yang di dalamnya terdapat konsep-konsep yang dihubungkan dengan kata penghubung yang jelas. Dan hubungan antar konsep bisa disusun berdasarkan yang umum hingga yang khusus secara hirarki. Ada lagi yang lebih dikenal dengan peta pikiran atau mind map, peta ini bersifat individual dan tak memiliki kaitan yang ketat antara hubungan antar unsur .Jadi intinya peta pikiran bisa digunakan kategori sesuai yang diinginkan ,. Nah, disinilah letak perbedaannya.

Karena mind map bersifat individual tentunya kita yang membuatnya lebih spesifik dengan kekhasan diri kita sehingga akan memudahkan mengerti tentang apa yang akan dipelajari. Setiap orang akan berbeda karena setiap orang mempunyai hal yang spesifik yang bisa memudahkan mereka memahami sendiri ketika mind map ini sudah selesai. Dan mind map yang menggunakan gambar ternyata lebih mudah untuk dipelajarai daripada tulisan . Mengapa? Gambar akan mudah sekali dicerna oleh pikiran dibanding tulisan apalagi kalau tulisan itu banyak, membuat orang akan malas membacanya. Tetapi bila dengan gambar . orang akan lebih tertarik dan diberi catatan yang menggambarkan gambar tersebut . Dengan demikian orang akan lebih mudah untuk mempelajari sesuai yang telah dibuat mind mapnya.

Cara membuat mind map dengan gambar.

Perlu langkah-langkah yang harus diikuti tapi tidak mutlak, tapi ini yang pokok dan masih bisa dimodifikasi tergantung masing-masing untuk lebih mudah.

  1. Menentukan bahan yang akan dipelajari. Misalnya akan mempelajari faktor keseimbangan kimia, jadi kita harus mencari bahan-bahan tentang faktor tersebut.
  2. Menentukan konsep-konsep yang relevan.dan mengurutkan konsep-konsep tersebut dalam bentuk gambar.
  3. Menyusun konsep-konsep yang sudah dalam bentuk gambar dalam papan atau kertas
  4. Mengubungkan konsep-konsep dalam bentuk gambar dengan garis-garis penghubung sehingga terlihat ada hubungannya
  5. Membuat catatan kecil tentang hubungan antara gambar yang satu dengan gambar yang lain.

Ternyata anak-anak lebih menyukai mind map dalam bentuk gambar dibanding peta konsep dalam bentuk tulisan . Apalagi kalau gambar dibuat menarik. Hal ini menyebabkan anak-anak akan lebih mudah untuk mempelajarinya dibandingkan jika dalam bentuk tulisan.Apalagi gambar-gambar itu diberi warna yang cerah dan mencolok akan membuat anak-anak lebih suka belajar. Mungkin bisa dicoba membuat mind map pribadi yang bisa ditempel di dalam kelas yang bisa membantu teman-teman lainnya untuk belajar bersama.

Contoh-contoh mind map dalam bentuk gambar

peta konsep3

Gambar di atas memperlihatkan mind map tentang global warning , Ada tanda panah yang menghubungkan gambar yang di bagian tengah dengan gambar dan tulisan yang ada di ke empat sisinya

peta konsep1A

Gambar di atas menerangkan tentang terjadinya hujan asam. Gambar-gambar yang menyebabkan terjadinya hujan asam dihubungkan dengan tanda panah

peta konsep2

Gambar di atas menerangkan tentang dampak pembakaran dimana setiap dampak pembakaran digambarkan di gambar-gambar yang ada di lingkaran di tengah bunga

Ini hanya sekedar contoh, bisa dibuat dengan sekreatif mungkin yang bisa memudahkan kalian untuk belajar.

Sumber foto:dokumen pribadi

2 Komentar

  1. Avatar

    Dulu pas pelajaran sejarah di sma juga suruh bikin kayak gini…
    Lebih seru sih… yang paling enak kalau yang pinter gambar…
    Kalau ak lebih ke cari gambar di internet, trus digunting2… ga bisa gambar soalnya. Hehe

    • Avatar
      Hastira Soekardi

      sip, gak apa-apa gambarnya dari internet juga yang penting bisa menarik dn memudahkan untuk belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.