Pilih Pramuka Jangan Gank Motor

pramuka
foto: deviantart

Beberapa waktu lalu, mobil kakak ditabrak oleh seorang pemuda yang asyik kebut-kebutan balap liar di jalan raya. Iya, jalanan umum digunakan untuk kepentingan pribadi dengan tidak mengindahkan sopan-santun berkendara dan mengacuhkan keselamatan orang lain. Apakah ini kegiatan yang baik bagi orang muda? Jelas tidak! Ini kegiatan yang sangat merugikan diri sendiri, orang-tua bahkan orang lain. Karena kasihan dan keadaan pemuda yang menabrak juga pingsan, maka kakak memutuskan untuk tidak menuntut sepeserpun. Padahal kesalahan jelas ada pada orang yang kebut-kebutan di jalan raya. Biaya yang dikeluarkan kakak untuk perbaikan mobil? Sangat mahal!

Bertahun silam ketika kakak berusia remaja, kakak mengikuti kegiatan pramuka. Waktu itu kegiatan pramuka sepertinya tidak diwajibkan, tetapi banyak remaja dan pemuda bahkan hingga usia menjelang dewasa masih suka berkegiatan pramuka. Pramuka adalah PRAJA MUDA KARANA, orang muda yang suka berkarya. Menurut kakak kegiatan pramuka sangat bermanfaat bagi anak-anak dan remaja. Banyak hal positif yang dapat diambil dari kegiatan pramuka seperti menambah teman, menambah percaya diri, menambah ketrampilan, belajar menyesuaikan diri dalam sebuah kelompok kerja, belajar bertanggung-jawab dan bahkan belajar menjadi dewasa.

Kehidupan ini adalah tabungan dari masa muda. Jika pada masa muda banyak menabung hal-hal yang baik dan bermanfaat, maka di masa dewasa akan memetik buah keberhasilan. Contohnya? Kegiatan Pramuka adalah kelompok organisasi yang sangat terstruktur, punya skema kegiatan, pendidikan dan capaian prestasi. Maka menjadi anggota pramuka adalah salah satu ‘tabungan’ untuk masa dewasa. Dulu, kakak sempat dilarang oleh orang-tua untuk ikut perkemahan di usia dua belas tahun. Sekarang kakak melihat bahwa pergi berkemah sesungguhnya adalah salah satu pelajaran menuju kedewasaan. Dengan berkemah maka seseorang akan belajar mendirikan tempat bernaung, menjaga barang-barang miliknya pribadi, menyediakan makanan untuk diri dan juga bertahan hidup di alam. Ini akan terjadi dalam kehidupan kedewasaan. Bahwa seseorang yang sudah dewasa harus mampu memiliki kediamannya sendiri, mencari nafkah, memecahkan masalah dan bertahan hidup dengan upayanya sendiri.

Kakak melihat bahwa aneka kegiatan pramuka akan menjadi wadah yang mampu menempa remaja dan anak muda untuk menjadi pribadi tangguh. Terlebih lagi dengan aneka disiplin serta variasi kepandaian pramuka maka akan mampu mendorong anak-anak untuk mengerti cita-citanya diri sendiri yang paling disukai. Dengan berkegiatan pramuka, kita dapat mulai mempelajari dasar-dasar ketrampilan untuk menjadi tentara, perawat, dokter, guru, ahli navigasi, ilmuwan alam bahkan guru. Karena menjadi pramuka dituntut untuk mampu melakukan banyak hal. Setidaknya melakukan banyak kegiatan yang berhubungan erat dengan profesi-profesi tertentu seperti yang kakak sebutkan diatas. Menjadi pramuka juga mengajarkan kita tidak egois dan memperhatikan orang lain. Mengapa? Karena pramuka biasanya terbentuk dalam kelompok atau gugus kerja. Disini kita belajar menjadi bagian dari suatu kelompok. Tidak boleh sombong, egois, ingin menang sendiri dan belajar mengalah kepada teman. Gank motor? Haduh,… mau jadi apa kelak dimasa depan? Kalau ingin menekuni balap harus ikut di sirkuit, bukan kebut-kebutan di jalan umum. Ikut kegiatan PRAMUKA? Yuk Yes! Di berbagai sekolah juga sudah ada organisasinya. Pelajari tentang pramuka di website www.pramuka.or.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.