Raden Taruhlintang

Ini cerita rakyat dari daerah Cirebon. Cerita rakyat ini menceritakan cinta diam-diam Dewi Arum yang akhirnya terwujud dan berakhir bahagia. Inilah cerita selengkapnya versi penulis

raden tarulintnag

Dewi Arum berdiri di balkon istana Kerajaan Cirebon dan asik dengan lamunan yang selalu mengisi pikirannya semenjak dia bertemu dengan pemuda yang menolongnya saat dia dirampok tapi Dewi Arum tak sempat menanyakan nama dan tempat tinggal pemuda itu, keburu pemuda tersebut berlalu dari hadapannya. Bayang-bayang wajahnya selalu menghantui hari-hari Dewi Arum.

“Dewi Arum , sudah saatnya kamu menikah. Ayah sudah punya calon untukmu, anak teman ayah keturunan bangsawan,” tukas ayahnya dari arah belakang. Dewi Arum tak menyadari kalau ayahnya sudah berada di belakangnya.

“Tapi, ayah, aku tak mencintainya,” tukas Dewi perlahan ada sedikit butiran air mata, dia ingat dengan pemuda yang dia sukai. Ayahnya mendekat. Dan menyuruhnya untuk mematuhi perintahnya.

“Ini semua demi kebaikan dirimu nak, “tukas ayah sambil berlalu dari hadapannya. Dewi Arum tertunduk lesu, Dewi hanya pasrah terhadap takdir yang harus dia ikuti, menikah dengan pria yang tak dicintainya, sungguh sedih nasibnya. Ingin dia menjadi rakyat biasa yang lebih bebas memilih pasangan hidupnya.

Sampai suatu hari Dewi Arum diculik raksasa bernama Wira Gora yang terkenal karena kekuatannya sehingga prajurut istana tak sanggup menghalangi Wira Gora menculik Dewi Arum. Raja membuat sayembara bagi masarakat luas. Jika bisa mengembalikan Dewi Arum padanya , bila perempuan akan dijadikan anak, dan jika pria akan dijadikan menantunya. Banyak penduduk yang mencoba peruntungannya bahkan dari penduduk daerah lain juga ikut serta dalam sayembara, termasuk Raden Wira Santika.Tetapi Raden Wira Santika adalah pangeran yang licik, jadi saat masuk hutan dia membuat jebakan yang membuat peserta lain gugur dan tak bisa mengikuti sayembara sehingga tinggal Raden Wira Santika. Dewi Arum dibawa ke sebuah goa di hutan di sana dia ditahan oleh Wira Gora. Ternyata Wira Gora sudah bekerja sama dengan Raden Wira Santika. Raden Wira Santika menyuruh Wira Gora untuk menculik Dewi Arum. Dewi Arum tampak marah setelah mengetahui akal licik Raden Wira Santika.

“Aku tetap gak mau menikah denganmu, kamu terlalu licik,” tukas Dewi Arum marah, sambil berusaha melepaskan ikatan tali yang mengikat tubuhnya. Raden Wira Santika tertawa terbahak-bahak , tubuhnya bergetar keras.

“Yang jelas kamu akan jadi milikku, “ dia tertawa keras dan suara tawanya bergema di gua tersebut.

“Aku akan bilang sama ayah kalau kamu itu licik,” tukas Dewi Arum .

“Apa dia bakal percaya?” Kembali dia tertawa keras dan mendekati Dewi Arum dan menyentuh dagunya, Dewi Arum langsung memalingkan wajahnya marah, dia tak ingin disentuh pangeran licik ini.

Semenatra waktu di hutan tersebut ada seorang pemuda yang sedang belajar pada Ki Tapak Jagat. Sebelumnya pemuda ini yang bernama Raden Tarulintang ditolong oleh Ki Tapak Jagat saat hendak menolong Dewi Arum yang diculik Wira Gora. Setelah mendapat ilmu dari Ki Tapak Jagat, Raden Tarulintang kembali ke goa tempat Wira Gora dan berhasil mengalahkannya tapi dia tak menemukan Dewi Arum. Wira Gora memberitahu kalau Dewi Arum sudah dihipnotis agar suka dengan Raden Wira Santika dan sudah dibawa ke istana.

“Percuma kamu ke sana, Dewi Arum sudah terpengaruh hipnotis . Satu-satunya jalan harus menghilangkan hipnotisnya,” tukas Wira Gora duduk sambil menahan sakit terkena serangan Raden Tarulintang.

“Jadi caranya bagaimana?” tanya Raden Tarulintang mulai sedikit putus asa. Wira Gora menyebutkan ada yang bisa menghilangkan hipnotis tersebut yaitu Mustika Ular. Mustika Ular dikenal rakyat Cirebon sebagai mustika sakti. Karena cintanya pada Dewi Arum, Raden Tarulintang akhirnya mencari mustika ular yang dimiliki ular yang tinggal di goa gunung berapi. Dengan kekuatan yang diajarkan oleh Ki Tapak Jagat akhirnya Raden Tarulintang dapat mengalahkan ular yang sakti dan mendapatkan mustika ular. Raden Tarulintang bergegas membawa mustika ular ke istana, dia harus segera ke sana sebelum pernikahan terjadi.

Sementara waktu di istana sedang dilakukan persiapan pernikahan Raden Wira Santika dengan Dewi Arum. Penasehat raja memperingatkan kalau Raden Wira Santika itu licik dan telah menghipnotis Dewi Arum tetapi raja tak bisa ingkar janji . Tepat saat banyak tabib berusaha menyembuhkannya gagal total , datanglah Raden Tarulintang membawa mustika ularnya dan akhirnya Dewi Arum bisa sembuh. Raden Wira Santika marah dan menyerang Raden Tarulintang dan terjadi perkelahian sengit yang diakhiri dengan kemenangan Raden Tarulintang. Dewi Arum tersenyum bahagia karena ternyata Raden Tarulintang itu pemuda yang selama ini dia lamunkan yang pernah menolongnya. Sekarang dia sudah dua kali ditolong dengan pemuda yang sama. Pernikahan yang mewah berlangsung di istana dan Raden Tarulintang mendapat gelar Dipati Arya Kusumah. Mereka bahagia hidup berdampingan selamanya.

Sumber gambar dan cerita :http://wisbenbae.blogspot.com/2014/07/kisah-raden-taruhlintang-dari-cirebon.html

Satu Komen

  1. Avatar

    My wife and I are really happy to have discovered the web site, it is absolutely the things my friend and I am constantly searching for. The up to date info on the website is beneficial and helpful and will help my friends and I quite a bit. It appears like each member gained a significant amount ofincredible of detailed information around the sorts of stuff I am interested in and the other hyper links and knowledge also show it. I’m not usually on the internet when I am busy however when my clan have some time we are usually searching for this sort of knowledge and stuff similarly concerning it. I have one of my relatives that have assumed attatchment in this due to all that I have gathered of the subject and they will more than likely going to be visiting the blog since it’s an incredible treasue. I am also delving into in government issues and coping with the new twists and turns in climate change and equally looking for new handicapping experts to feed my hunger for making residual income. I have a company is a competpositive bread and Butterpaints and in lavender oil I have some other business that do well online. also. DOn’t hesitate to send me a message if you want to know some more.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.