Tari Topeng Samba

samba1

Tari Topeng di Cirebon ada lima macam yaitu Panji, Samba, Rumyang, Kelana dan Tumenggung. Sejarahnya Tari topeng di Cirebon dulunya digunakan untuk menyebarkan ajaran agama Islam, juga termasuk tari topeng Samba. Tetapi dengan perkembanagn jaman tarian ini menjadi wadah kegiatan seni semata. Kata Samba ini berasal dari dari kata sambang atau saban yang memiliki arti setiap. Makna dari itu adalah setiap waktu diwajibkan menjalankan perintahNya juga menjalankan sunah rasulNya.Pada topeng samba digambarkan fase ketika manusia mulai memasuki dunia anak-anak. Hal ini tampak di topengnya yang tampak seperti anak-anak yang berwajah lucu, ceria dan lincah.Selain itu karakter tari topeng Samba berupa kelincahan anak-anak dan tampak terlihat genit atau ganjen. Dimana karakter yang genit dan ganjen ini mirip dengan tokoh Samba di wayang purwa sehingga tari topeng ini dikenal dengan tari topeng Samba. Gerakannya gesit karean menggambarkan orang yang akan menginjak dewasa, periang sehingga gerakannya tampak seperti terburu-buru seperti karakter anak muda. Tari topeng Samba ini mempunyai simbol dan pesan moral untuk kehidupan manusia. Artinya sebagai manusia harus punya batasan dalam kehidupannya dan pesan motal yang terkandung dalam tarian ini sami’un basirun yang artinya boleh melihat hanya yang terlihat, boleh mendengar apa yang seharusnya didengar. Karena sesuatu yang salah akan menimbulkan fitnah. Oleh sebab itu setiap penari topeng khususnya topeng Samba perlu penghayatan yang mendalam karena tarian ini membawa pesan moral dan nilai-nilai agama.

 samba2

Untuk pakaian topeng hampir semua sama dan yang membedakan selain warna juga bentuk topengnya. Untuk topeng Samba bajunay berwarna kuning. Bagian kepala terdapat kedok atau topeng (setiap jenis tari topeng memiliki bentuk topeng yang berbeda), jamang, tekes, makuta sigar dan rarawis. Biku-biku adalah hiasan yang dipakaikan di pangkal lengan yang terbuat dari benang emas dan berbetuk segitiga. Krodong digunakan sebagai penutup punggung yang yang terbuat dari kain batik. Di dadanya terdapat Kace berupa kain berwarna emas. Juga terdapat gelang dan untuk hiasan pinggang digunakan ikat pinggang yang terbuat dari kain beludru dan ada penutup bagian bawahnya yang disebut dengan tutup rasa. Soder adalah selendang yang yang diikatkan di pinggang dan menjuntai ke bawah dan warnanya kuning.

samba3

Terkenalnya tari topeng khas Cirebon sudah mendunia dan begitu banyak pesan moral yang bisa kita ambil dalam gerakan –gerakan tarinya. Sebuah tarian yang penuh makna dan pesan moral yang perlu selalu dilestarikan. Karena keberadaannya yang semakin terkalahkan dengan tarian modern.

 

Sumber foto : Dokumen pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.