Tari Topeng Rumyang

rumyang2A

Tari topeng Rumyang , salah satu jenis tari topeng yang ada di Cirebon setelah tiga tari topeng yang sudah saya perkenalkan sebelumnya. Rumyang dari kata ramyang-ramyang dan mempunyai arti mulai terang. Mempunyai arti perubahan alam dari malam hari menjadi siang hari atau sebaliknya. Identik dengan suasana ketika matahari mulai terbit atau lebih dikenal dengan istilah sunda carangcang tihang. Karakter tari Rumyang itu lincah dan genit atau dikenal dengan ladak . Tari topeng Rumyang ini menggambarkan orang yang hati-hati dalam tindakannya tapi kesan yang dilihat sebagai peragu. Dan ini mencerminkan gambaran orang yang baru mulai mengetahui kehidupan di dunia. Sedangakan lagu pengiringnya rumyang atau kembang kapas. Biasanya pada akhir pertunjukan wayang kulit Cirebon diakhiri dengan lagu rumyang oleh sebab itu tari topeng Rumyang itu diakhirkan.

 

Untuk kedok tari topeng Rumyang tanpa hiasan rambut. Di tengah-tengahnya terdapat hiasan rerengu atau rengu batuk mimi dan diteruskan dengan hiasan pilis yang melingkar di kedua pipinya sampai ke bagian pipi bawah. Warna kedoknya merah jambu tapi ada juga yang coklat muda. Karakter yang diperlihatakan genit, lincah dan ganjen. Terlihat raut wajahnya yang tampak dari mulutnya yang selalu memperlihatkan senyuman ,ini sebagai pertanda raut wajah yang menampakan keceriaan.

Proses pendokumentasian Topeng tanggal 10 Agustus 2007

Untuk bajunya mulai dari kedok, jamang, tekes , makuta siger dan rarawis yang berbeda dengan tari topeng yang lainnya. Baju sebagai penutup tubuh dengan warna tertentu. Hiasan pada pangkal lengan yaitu biku-biku yang berbentuk segitiga dari benang emas . Krodong sebagai penutup punggung yang terbuat dari kain batik. Di dadanya terdapat kace kain yang berupa kain yang berwarna emas dan menggunakan dasi. Untuk pinggang digunakan ikat pinggang yang terbuat dari kain beludru dan ada penutup bawahnya yang dikenal dengan tutup rasa. Dan tak ketingalan soder , selendang yang diikatkan di pinggang dan dibiarkan menjuntai ke bawah. Kainnya adalah kain dodot dan kain dodotnya dikenal dengan sebutan kain dodot lancar cangcut.

 

Nah, inilah tari topeng Rumyang. Masih ada satu lagi jenis tari topeng Cirebon yang akan saya tulis di lain kesempatan. Mari kita lestarikan kesenian tradisonal bangsa Indonesia.

 

Sumber gambar penari :http://www.thejakartapost.com/news/2010/07/12/connecting-sundanese-charms.html

Sumber gambar kedok :http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=884&lang=id

2 Komentar

  1. Avatar

    makasih infonya,, baru dengan tarian baru ini ,,,,

    • Avatar
      Hastira Soekardi

      coba baca lagi tulsian saya tari topeng tumunggung, topeng samba dan kelana, itu termasuk jenis tari topeng cirebon juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.