Tari Topeng Panji

panji1

Akhirnya sampai juga membahas tari topeng yang kelima, Tari topeng Panji. Ini lain dari tari topeng yang sudah pernah dibahas dalam tulisan sebelumnya. Panji berasal dari kata siji (siji artinya satu), mapan sing siji (percaya kepada Yang Satu) karakter tariannya sangat halus. Gerak tariannyapun kecil dan lembut minimalis dan lebih banyak diam. Menurut ahli tari kalau tari Topeng Panji karena tak banyak gerak sehingga disebut dengan seperti orang yang mati tapi hidup, hidup tapi mati. Karena banyak diam sehingga kurang disukai penonton karena monoton. Disebut dengan Panji karena tariannya berkarakter halus mirip dengan tokoh Panji. Lagu yang mengiringinya adalah lagu Kembang Sungsang dan dilanjutkan oleh lagu Lontang Gede , Oet-oetan dan Pamindo deder..

 

Untuk kedok/topeng untuk tari topeng Panji berwarna putih dan matanya tampak liyep/sipit dan pandangannya menunuduk dengan senyum dikulum. Raut wajahnya tampak alim , dan tutur katanya lembut begitu juga dengan gerakannya Walau tarian ini membosankan karena tak banyak bergerak , tapi justru tarian ini paling susah dibanding jenis tarian topeng lainnya . Hal ini disebakan karena perlunya penahanan diri yang kuat, memakan tenaga yang besar dan amat tertib sejak awal. Biasanya tarian ini adalah tarian pertama tapi justru dipelajari paling akhir karena syarat-syarat yang ketat untuk bisa menarikannya.

 Proses pendokumentasian Topeng tanggal 10 Agustus 2007

Untuk bajunya hampir mirip dengan tari topeng yang lainnya. Kedok, jamang,tekes, makuta sigar , rarawis atau sumping. Baju tari topeng Panji lebih banyak didominasi warna putih. Hiasan tangan yaitu biku yang berbentuk segitiga yang terbuat dari benang emas.. Krodong sebagai penutup punggung yang terbuat dari kain batik. Kace kain yang berwarna emas dan dasi. Untuk pinggangnya ada ikat pinggang yang terbuat dari kain beluduru. Dan penutup bagian bawahnya yang dikenal dengan tutup rasa. Dan yang terakhir soder/selendang yang menjuntai ke bawahh. Bentuk kain dodot lancar gelar untuk tari topeng Panji.

 

Sumber gambar penari :http://sustiani.blogspot.com/2014/01/tari-topeng-cirebon.html

Sumber gambar kedok : https://saputra7376.wordpress.com/2014/07/21/topeng-dan-makna-tarian-panji/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.