MACAM-MACAM GAYA BELAJAR

Menurut DePorter dan Hernacki (2002), gaya belajar adalah kombinasi dari menyerap, mengatur, dan mengolah informasi. Terdapat tiga jenis gaya belajar berdasarkan modalitas yang digunakan individu dalam memproses informasi (perceptual modality).

Jika kalian memiliki kesusahan dalam mempelajari sesuatu, terkadang bisa saja ada yang salah dengan gaya belajar yang kalian pilih dengan kesesuaian kalian dengan gaya belajar tersebut. Menurut para ahli, ada tiga gaya belajar yang paling umum, yaitu:

  1. Visual

Gaya belajar visual melibatkan kemampuan penglihatan yang tajam dan fokus. Para pelajar visual menggunakan kemampuan melihatnya agar dapat memahami pelajaran yang diberikan. Orang yang cocok dengan gaya belajar ini diantaranya orang yang memiliki kemampuan melihat yang tajam, kepekaan terhadap warna, pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik, memiliki kesulitan dalam berdialog secara langsung, terlalu reaktif terhadap suara, atau sulit mengikuti pelajaran secara lisan, serta orang yang seringkali salah menginterpretasikan kata atau ucapan. Mereka juga lebih suka pada apa yang diperagakan daripada dijelaskan secara lisan.

  1. Auditori

Gaya belajar auditori mengandalkan indera pendengaran untuk memahami suatu pelajaran dan mengingatnya. Pada gaya belajar ini, pendengaran digunakan sebagai alat utama untuk menyerap informasi atau pengetahuan. Orang-orang yang biasa menggunakan gaya belajar ini adalah orang yang hanya menyerap informasi melalui pendengaran, memiliki kesulitan untuk menyerap informasi dalam bentuk tulisan secara langsung, dan memiliki kesulitan untuk menulis ataupun membaca. Para pengguna gaya belajar auditori biasanya mudah menguasai materi iklan maupun lagu di televisi atau di radio.

  1. Kinestetik

Gaya belajar kinestetik mengharuskan individu yang bersangkutan menyentuh sesuatu yang memberikan informasi agar ia bisa mengingatnya, atau ia juga dapat mengingat dengan gerakan. Orang-orang yang cocok mengengaplikasikan gaya belajar ini biasanya orang yang aktif, tidak bisa berdiam diri dan selalu ingin bergerak, mereka juga menyukai praktek atau percobaan, serta permainan dan aktivitas fisik lainnya.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam menemukan gaya belajar yang cocok dengan kalian, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.