[Lomba] Pengaruh Media Sosial bagi Pelajar

banner lomba menulis290Pada era globalisasi ini, penggunaan internet sudah merupakan hal yang wajar bagi seluruh lapisan masyarakat. Setiap orang mengenal internet. Salah satu penggunaan internet yang paling sering adalah sebagai media sosial. Saat ini, ada banyak sekali media – media sosial yang tersedia, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Friendster, Smaboy, Path, LinkedIn, FourSquare, dan masih banyak lain.  Media sosial menghubungkan antara dua orang atau lebih dari tempat – tempat yang berjauhan dalam waktu yang sangat singkat, seakan – akan menghilangkan jarak dan batas yang ada. Media sosial mampu membuat kita terhubung dengan banyak orang di seluruh tempat di permukaan bumi. Penggunanya merambah ke seluruh lapisan masyarakat, tak terbatas pada profesi maupun umur. Salah satu pengguna teramai adalah para pelajar.

Banyak hal yang menjadi tujuan para remaja pelajar untuk menggunakan media sosial, seperti terhubung dengan teman – temannya dan keluarga yang jauh, berkenalan dengan orang – orang baru yang tidak ia kenal, ingin eksi didunia maya, sekedar ikut – ikutan agar tidak diejek “Gaptek”, atau bahkan hanya untuk bersenang – senang. Apapun alasannya, media sosial memang merupakan hal yang sangat diminati oleh para remaja pelajar.

Dampak positifnya, sang remaja dapat mengenali dunia luar dengan lebih nyata, mengenal orang – orang baru yang terletak di negara atau bahkan benua lain dan kebudayaan disana, mendapatkan info yang dibutuhkan misalnya seputar pelajaran, lomba, ataupun beasiswa, dan membantu para remaja untuk terhubung dengan keluarga yang berada di tempat yang jauh.

Namun, media sosial ini juga memiliki dampak negatif bagi para remaja pelajar. Dengan adanya media sosial, banyak remaja yang lebih mementingkan berinteraksi melalui media sosial daripada berinteraksi langsung dengan orang – orang di sekitarnya. Hal ini mengakibatkan remaja – remaja tersebut akan kurang berinteraksi dengan orang – orang di sekelilingnya sehingga mengakibatkan kurangnya pergaulan. Padahal, berinteraksi dengan orang – orang di sekitar kita adalah penting, mengingat lingkungan sosial harus selalu dipupuk karena kita adalah makhluk sosial.

Selain itu, banyaknya penipuan dan aksi kejahatan juga mengancam para remaja pelajar yang memakai media sosial. Maraknya aksi penipuan serta kejahatan yang terjadi membuat para remaja harus selalu berhati – hati saat berinteraksi dengan orang – orang yang baru dikenal lewat dunia maya. Jangan mudah percaya dengan mereka yang baru dikenal melalui media sosial, terutama jika ia terlihat mencurigakan. Banyak para penjahat yang kini menggunakan media sosial untuk melancarkan aksi kejahatan mereka. Dan sayangnya, banyak juga dari para remaja pelajar yang dengan mudahnya tertipu dengan tipuan mereka. Sudah banyak kasus yang menyebabkan para remaja menjadi korban.

Kemampuan media sosial untuk menghubungkan banyak orang dari beragam profesi, umur, dan tempat, membuat para remaja pelajar akan melihat banyak hal dari seluruh dunia. Bukan hanya hal – hal yang baik, namun juga hal – hal yang buruk dan tidak sesuai dengan kebudayaan bangsa. Oleh karena itu, hendaknya para remaja pelajar mampu bersikap kritis untuk dapat menyaring hal – hal yang baik dan tidak baik, sehingga para remaja pelajar tidak akan terpengaruh dengan budaya ataupun hal – hal yang tidak sesuai dengan kebudayaan Bangsa Indonesia dan lingkungan kita. Selain itu, banyaknya pendapat ataupun pikiran yang tersebar melalui media sosial perlu ditanggapi dengan kritis, sehingga para remaja pelajar dapat terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan.

Dan yang paling umum, yang menjadi masalah dari dampak media sosial terhadap para  remaja pelajar adalah pesona media sosial yang membuat para remaja pelajar menjadi sangat tertarik untuk terus menggunakannya sepanjang waktu sehingga seringkali para remaja pelajar menjadi lupa waktu dan melupakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pelajar, yakni belajar dengan rajin. Hal ini seringkali terjadi, sekarang ini kita dapat melihat banyak remaja pelajar yang selalu memegang gadget kemanapun mereka pergi. Para remaja pelajar bisa tidak menghiraukan apapun, ia dapat lupa tidur, lupa belajar, bahkna lupa makan hanya karena terlalu asyik memakai media sosial. Hal seperti ini harus dihindari, mengingat para remaja pelajar memiliki tanggung jawab yang besar yakni belajar agar kelak menjadi penerus bangsa yang membanggakan.

Jadi, dapat kita ambil kesimpulan bahwa media sosial memiliki dampak positif dan negatif bagi para remaja pelajar. Oleh karena itu, ada baiknya memanfaatkan media sosial untuk kepentingan yang baik saja, dan selalu berusaha untuk menghindari dampak – dampak negatif media sosial, seperti dengan selalu berhati – hati saat menggunakan media sosial, menyaring hal – hal yang didapat dari media sosial sesuai dengan kebudayaan kita, dan tetap melaksanakan tugas seorang pelajar, yakni belajar dengan baik. Jika hal ini diterapkan, maka media sosial bukanlah sebuah ancaman bagi para remaja pelajar sekalian.

Satu Komen

  1. Admin

    Irma, jangan lupa memasang foto profil. Klik disini https://www.duniadiksi.com/ubah-profil-foto-profil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.