[LOMBA] Dampak Media Sosial Bagi Remaja

banner lomba menulis290Media sosial. Pastinya udah ga asing lagi dong sama kalimat tersebut. Yaa…di zaman sekarang ini sedang marak-maraknya orang yang menggunakan media sosial atau yang lebih kita kenal dengan sebutan medsos. Kebanyakan dari mereka khususnya bagi para remaja tidak bisa lepas dari media sosial. Bahkan hampir setiap hari mereka memandangi gadgednya hanya untuk membuka media sosial. Adapun dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari hadirnya medsos tersebut. Dampak positif dari adanya media sosial, antara lain :
1.    Bisa bersosialisasi ataupun berkomunikasi baik dengan orang yang dikenal maupun tidak dikenal.
Di medsos, kita bisa mendapatkan banyak teman dan bisa berkomunikasi dengan orang lain walaupun dalam jarak jauh.
2.    Bisa untuk sebagai media pembelajaran.
Maksudnya, kita dapat mencari tau tentang pelajaran-pelajaran lewat medsos ataupun sebaliknya, kita dapat memberikan sedikit ilmu yang kita miliki lewat medsos.
3.    Bisa menyalurkan aspirasi dan imajinasi kita.
Yapp, misalnya seperti  kita bisa menyalurkan bakat kita melalui sebuah forum di medsos contohnya seperti Blog.
4.    Bisa untuk transaksi jual beli halal.
Bisa kita lihat, bahwa sekarang banyak orang dewasa bahkan anak remaja yang membuka bisnisnya lewat online.

Sedangkan dampak negatif dari adanya media sosial, antara lain :
1.    Dapat menyebabkan kecanduan
Ini nih yang paling parah. Coba deh pikir, kalo kita udah kecanduan sama medsos ? pasti setiap hari kita akan bergantung pada medsos dan pekerjaan apapun akan diabaikan. Orang yang sudah kecanduan terhadap medsos pasti akan gelisah jika sehari saja tidak membuka medsos. (betul ga tuh)
2.    Orang akan lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya, sedangkan didunia nyata orang tersebut kurang berinteraksi dengan orang lain, yaa bisa dibilang minder gitu lahh…
3.    Timbulnya tindakan kejahatan.
Bagi orang-orang yang cinta medsos berhati-hatilah !. Karena kejahatan bukan hanya ada di dunia nyata saja, tetapi didunia maya juga banyak tindak kejahatan. Misalnya seperti penipuan,penculikan,jual beli organ manusia dan lain sebagainya.
4.    Dapat mengganggu proses pembelajaran.
Betul tuh betul. Jika kita sudah ketergantungan, otomatis kita akan lebih sering membuka media sosial ketimbang membuka buku pelajaran. Jadi, waktu belajar dibelakangkan sedangkan untuk on medsos didahulukan.
5.    Adanya situs-situs yang tidak mendidik.
Banyak nih anak-anak zaman sekarang yang tidak memanfaatkan adanya medsos dengan sebaik-baik mungkin. Ada beberapa dari mereka yang membuka media sosial hanya untuk melihat situs-situs yang tidak mendidik. Ini yang menyebabkan rusaknya saraf otak pada manusia.
Ada lagi nih dampak media sosial bagi kesehatan yang salah satunya adalah bisa merusak mata. Kenapa ? sebab orang yang sudah ketergantungan akan media sosial, otomatis dia akan selalu memandangi gadgednya dan matanya akan selalu terfokuskan untuk melihat cahaya pada gadgednya tersebut. Dari situlah akan menimbulkan kerusakan pada mata kita ini.
Nah, bisa dilihat sendiri kan ? memang benar bahwa sebenarnya lebih banyak dampak negatifnya dari pada positifnya akan hadirnya media sosial tersebut. Namun jika kita memanfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya, maka kemungkinan akan mengurangi dampak negatif dari adanya media sosial. Saran dari saya untuk para pecinta ataupun pengguna media sosial khususnya anak remaja sekarang, gunakanlah fasilitas yang udah disediain di media sosial dengan sebaik-baiknya. Isi media sosialmu dengan kegiatan yang bermanfaat, baik bermanfaat untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Mungkin ini aja yang bisa saya sampein, walaupun sedikit tapi mudah-mudahan bermanfaat.  

2 Komentar

  1. Avatar
    lina nurhanifah

    setuju 🙂
    “…Banyak nih anak-anak zaman sekarang yang tidak memanfaatkan adanya medsos dengan sebaik-baik mungkin. Ada beberapa dari mereka yang membuka media sosial hanya untuk melihat situs-situs yang tidak mendidik. Ini yang menyebabkan rusaknya saraf otak pada manusia…”
    vote balik yaa di https://www.duniadiksi.com/lomba-menulis/2015/01/25/lomba-remaja-remaja-remaja.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.