[LOMBA] Dampak Media Sosial Bagi Remaja

banner lomba menulis290Halo buat sobat – sobat pada yang suka ngegunain Media Sosial saya mau membagi pengalaman saya tentang Media Sosial. Langsung aja lah saya mulai.

Awal nya saya tau Media Sosialdari rasa ingin tau saya terhadap komputer waktu kelas 5 Sekolah Dasar (SD) di warnet. Alasan nya cuman simpel saya cuman ingin tau aja apa yang namanya internet, selama saya belajar sekitar 2 thn sendiri dengan liat – liat orang yang lagi maen di warnet lalu saya banyak taumengenaiMedia Sosial salah satunya aplikasi pencari kaya Google ,Media Sosialyang saya tau cuman Google Mail, Facebook, Twitter, dan Game Online. disitu saya sudah mengenal banyak aplikasi dan program yang menurut saya sangat menolong saya selama belajar mau dalam urusan mengerjakan PR sekolah, tugas kelompok, penghilang stress dan cari penghasilan contohnya Google yaitu aplikasi yang pencari yang serba tau biasa nya banyak orang yang ngegunain aplikasi ini sebagai alat untuk mencari tau sesuatu, ada lagi Facebook yaitu aplikasi yang bisa membantu kita mendapatkan banyak teman di dunia maya, dan kalo kita gak tau yang nama nya game online itu kebangetan soal nya game online juga menurut saya cukup penting dalam masa – masa remaja kita karena biasa nya kita melampiaskan emosi kita pada sesuatu benda atau barang, tapi kalo kita melampiaskan emosi kita ke game online menurut saya itu hal yang baik selagi kita melampiaskan nya tidak merusak komputer/laptop tersebut, yang kita lampiaskan. karena kita bisa melepas stress kita ketika bermain dan kita menikmati waktu bermain kita dengan para Player lain bahkan seringkali ada teman dari game online yang bisa di ajak curhat atas masalah kita – kita para remaja dari masalah kehidupan sendiri sampai masalah yang bisa di bilang besar. dari pada melampiaskan emosi kita pada melakukan sesuatu yang tidak baik atau merusak benda yang bisa di bilang memiliki nilai jual, atau mabuk – mabukan yang di larang agama atau melakukan perbuatan yang tidak baik seperti mengkonsumsi narkoba apa lagi itu dah melenceng banget dari moral kita. Kita sebagai penerus bangsa harus bisa menjadi sesuatu yang bisa membuat bangga bangsa ini bukan merusak penerus bangsa kita ini dengan merusak moral kita sendiri.

Tapi karena rasa keinginan tau saya yang besar. Saya telah banyak menghamburkan banyak uang di warnet langganan saya, dan pada suatu hari saya menyadari bahwa saya telah ke canduan sama Internet dan Media Sosial. Di situ saya merasa bahwa se hari gak ketemu sama internetrasa nya sengsara banget, tapi karena muncul rasa ingin berubah dari hati saya yang paling dalam.Saya berusaha untukberubah dari diri saya dulu menuju diri saya yang baru yang lebih baik lagi. Akhir nya saya sudah bisa mengatasi kecanduan saya terhadap Internet sama Media Sosial. Dengan membuat saya sibuk dengan pekerjaan saya sendiri, mulai dari bantu – bantu, belajar di rumah, samapai kerja sambilan di luar rumah.

Tampa saya sadari sudah 1 thn berlalu ketika terakhir kali saya memegang mouse komputer. Lalu tak berasa saya lulus dari Mts (Madrasah tsanawiyah) saya dan sekarang melanjutkan ke tingkat MAN (Madrasah Aliyah Negeri). awal nya saya merasa kesepian karena tidak memiliki teman karena saya tidak pintar bergaul namun berkat dari dukungan teman – teman saya di Sosial media. Saya sudah mendapatkan teman di sekolah walapun tidak terlalu akrab.

Terkadang sering datang rasa seperti dulu, yang ingin menghabiskan waktu yang berharga di warnet hanya untuk bisa meng cek akun Media Sosial kita, tapi sekarang saya sudah bisa mengendalikan apa yang ingin lakukan dan bisa lebih menghargai waktu yang begitu berharga karena waktu tidak bisa di putar ulang kebelakang maka kita harus menggunakan nya dengan sangat baik.

Saran buat sobat – sobat yang sering menggunakan Media Sosialsebagai suatu kewajiban, saya harap bisa sobat kurangin karena mungkin bisa mengganggu kehidupan sobat – sobat yang berharga pada, karena itu tolong jangan di biasakan menggunakan Media Sosialketika di jam – jam yang di bisadibilang penting buat masa depan sobat pada, seperti di waktu jam pelajaran sekolah, waktu belajar di rumah, dan waktu bersama keluarga. Karena waktu yang terlewatkan tiap detiknya itu begitu berharga.

Terakhir apa arti dari media sosial menurut saya adalah pedang yang memiliki dua mata pisau yang sangat tajam, jika tidak bisa menggunakan nya secara bijaksana bisa saja pedang itu melukai orang yang menggunakannya, tapi sebaliknya kalo orang yang menggunakannya secara bijaksana, pedang tersebut akan menjadi senjata yang paling kuat dan menjadi suatu kebanggan. Artinya “Media Sosial itu memiliki sisi positif yang sangat berguna bagi penggunanya selagi dia menggunakan nya dengan niat yang baik, juga ada sisi negatif yang bisa merugikan bahkan merusak orang yang menggunakannya. Dengan kata lain jika kita tidak bisa menggunakannya dengan bijaksana mungkin kita bisa mendapat dampak negatifnya, tapi sebaliknya kalo kita menggunakanya secara bijaksana maka itu bisa mempermudah jalan kita meraih masa depan yang cerah”.

Semoga dengan tulisan saya ini bisa sedikit memotipasi sobat – sobat pada dan membuat sobat pada jadi lebih bijaksana dalam menggunakan Media Sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.