[LOMBA] Dampak Media Sosial Bagi Remaja

banner lomba menulis290Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara intrnasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memenfaatkan jaringan telepon(baik kabel maupun gelombang elektromaknetik).
Internet juga dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri.
Jaringan internet ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antara komputer dalam jaringan komputer dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan.

Dampak Media Sosial Bagi Remaja Terbagi dua macam:

1).Dampak Positif
• Untuk keluarga adalah ajang di mana silaturahmi di perstukan kembali melalui sosial media ini. Baik keluarga jauh maupun keluarga dekat.
• memperluas jaringan pertemanan juga dapat kita informasi mengenai peremanan. Teman yang dulunya sedikit menjadi bertambah banyak,baik dalam negri maupun luar negri.
• Media penyebar informasi ini dapat memberian kita informasi yang meluas, baik nasional maupun internasional, media ini sangat penting di kalangan remaja dan masyarakat.
• Promo bisnis juga dapat bermanfaat bagi kalangan remaja, di mana kita dapat membeli barag yang diinginkan orang lain maupun kita sendiri secara mudah. Dan juga kita dapat merasa puas apa yang kita inginkan sudah terpenuhi maupun orag yang menjualnya merasa untung karena barang yang ia jual telah laku terbeli.
• Sebagai media komnikasi adalah media yang membuat remaja maupun orang tua dapat berkominikasi dengan temanya maupun anaknya. Di media komunikasi ini juga sangat membantu dalam media bisnis dan pergaulan remaja di masa sekarang ini.
• Jaringan sosial menjadi bersahabat sosial media ini mebantu anak dan remaja dalam belajar dan bermain untuk mengasah pengetahuanya baik jasmani maupun rohani. Seperti membaca komik lewat internet, mendengarkan dan mencari teks ceramah,hal-hal yang belum di ketahui maka di ketahui, dan masih banyak lagi dampak positif lainnya.

2).Dampak Negatif
• Remaja menjadi kecanduan untuk menggunakan jejaring sosial tanpa tahu waktu. Kebanyakan apabila seorang remaja menggunakan jejaring sosial, mereka bisa saja berjam-jam untuk menggunakannya.
• Remaja menjadi malas berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu. Jika remaja tersebut terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya.
• Situs jejaring sosial akan membuat remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi kurang berempati di dunia nyata.
• Menjadikan seorang remaja menjadi malas belajar karena sering menggunakan jejaring sosial untuk bermain game yang ada di situs tersebut. Facebook menyediakan layanan game yang membuat remaja menjadi kecanduan game.
• Menyebabkan kurangnya sopan santun remaja saat ini. Dengan adanya media sosial, semakin banyak para remaja yang menggunakan bahasa yang tidak sepantasnya. Dan bagi remaja yang masih polos, tentu akan menganggap bahwa bahasa tersebut adalah bahasa modern anak zaman sekarang.
• Bagi remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial. Hal ini membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia nyata.

Kondisi ini sangat mengkhawatirkan bagi orang tua yang memiliki anak yang sudah mulai beranjak remaja. Saran kami dalam hal ini perlu pengawasan yang super ketat dari orang tua. Bagaimana pun caranya kita harus mengetahui dengan siapa anak remaja kita berteman. Sebagai orang tua kita tidak perlu menutup mata apa yang dilakukan oleh anak remaja kita. Orang tua perlu membuka diri untuk tempat curhat anak dari pada harus mengutarakannya kepada teman sosial medianya. Itu akan menjerumuskan mereka dalam lembah kegelapan.
Adapun harapan kami dalam peningkatan kreatifitas remaja dalam sosial media yaitu bimbingan dan dorongan khusus dari orang-orang terdekat terkhusus kedua orang tua agar si anak bisa berkreasi dalam hal positif, adanya program-program khusus dari pemerintah melalui lembaga anak yang bisa menambah wawasan dan kreatifitas agar senantisa berperestasi dan membanggakan untuk keluarga dan negeri di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.