[LOMBA] Pemberantasan Kejahatan Dunia Maya Dengan Komunitas Gerakan Moral

banner lomba menulis290Media sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu tipe relasi spesifik atau lebih, seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan dan sebagainya ( Profesor J.A Barnes : 1954)

Media sosial adalah seperangkat aplikasi yang berjalan dalam jaringan internet dan memiliki tujuan dasar ideology serta penggunaan web 2.0 yang dapat berfungsi untuk saling tukar menukar konten. ( Andreas Kaplan dan Michael Haenlein : 2010)

Dapat disimpulkan bahwa media sosial adalah sebuah seperangkat aplikasi untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online melewati jaringan internet  yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi dalam bertukar informasi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Media sosial berdampak besar dalam kehidupan manusia khususnya pelajar. Seperti halnya dalam kurikulum terbaru dalam pendidikan yaitu kurikulum 2013. Pada kurikulum ini media sosial sangat berperan penting untuk menggali informasi di dunia pendidikan. Tanpa adanya media sosial, Indonesia mungkin akan membutuhkan dana yang lebih besar untuk menjalankan kurikulum tersebut. Karena membutuhkan perpustakaan yang serba lengkap dengan ilmu yang padat. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa media sosial sangat penting untuk kemajuan suatu bangsa. Sosial media juga mempermudah pelajar untuk berinteraksi sesamanya seperti dalam media sosial facebook, kebanyakan pelajar membuat suatu forum pendidikan untuk saling sharing tentang pendidikan yang sedang mereka tempuh.

Akan tetapi di Indonesia banyak penyalahgunaan dalam dunia media sosial. Banyak berbagai link yang memuat foto- foto porno bahkan video. Ada juga penyalahgunaan seperti penculikan dalam media sosial seperti facebook, twitter, ask.fm, plurk. Tidak sedikit masyarakat Indonesia menjadi korban penculikan seperti kasus- kasus tersebut. Jika tidak segera ditanggulangi, penyalahgunaan tersebut dapat menjadi masalah yang serius dalam kemajuan suatu bangsa.

Apalagi di era globalisasi yang serba modern ini, pelajar juga menjadi sasaran empuk berbagai penyalahgunaan media sosial . Kebanyakan diantara mereka lebih mempergunakan media sosial untuk memperburuk kualitas pendidikan mereka. Mereka lebih banyak mengunjungi game, link-link yang tidak pantas dilihat bahkan dapat membuat pelajar lebih tertarik dengan kebudayaan mancanegara. Ironisnya banyak akun yang menyukai posting-posting yang tidak layak untuk dilihat. Salah satu ulasan tersebut adalah bukti bahwa penyalahgunaan media sosial menjadi virus untuk para pelajar. Padahal, bentuk seperti itu adalah bentuk jajahan secara perlahan- lahan yang lebih kejam dari pada militer. Mereka sedikit demi sedikit mengubah mindset otak pelajar. Jika pelajar telah menjadi korban seperti ulasan diatas, Indonesia akan menjadi negara yang suram akan masa depan. Minimnya pemimpin yang bertanggung jawab, jujur dan berkualitas bahkan jauh dari kelayakan seorang pemimpin yang telah menjadi pemimpin idaman bangsa Indonesia.

Sebelum apa yang diprediksi menjadi kenyataan dan menimbulkan dampak yang dapat menyengsarakan negara, maka perlu adanya pemberantasan banyaknya penyalahgunaan media sosial. Pembarantasan tersebut dapat dilakukan melalui suatu forum Komunitas Gerakan Moral (KGM). Dalam komunitas ini berasal dari beberapa perwakilan sekolah yang memang mempunyai tanggung jawab dan pendidikan yang berkualitas. Seperti OSIS, siswa teladan, ataupun duta sekolah.  Dalam forum ini pelajar tidak hanya memberantas penyalahgunaan dalam media sosial  akan tetapi pelajar juga dituntut untuk aktif dalam sebuah web atau blogger masing-masing untuk saling memotivasi pelajar yang lainnya agar mereka tersadar akan pentingnya media sosial jika mereka dapat mempergunakan dengan semaksimal mungkin.

Jika perlahan lahan dalam dunia media sosial menjadi lebih pantas untuk pelajar dan pelajar bisa mempergunakan media sosial dengan semaksimal mungkin, tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa menjadi negara dengan kemajuan yang pesat. Selain itu, dalam forum KGM ini perwakilan sekolah dapat saling menukar program- program disekolahnya untuk meningkatkan dan menyeterakan kualitas sekolah agar dapat bersaing di dunia nasional maupun internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.