Siswa SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo Raih Emas di RoboCup Singapore Open 2013

sdmuhaJakarta, Kamis – Pelajar negeri ini lagi-lagi menorehkan perstasi di ajang internasional. Kali ini Rafli Kusumawardhana, Agra Bima Yuda, Adna Mumtaza dan Ahmad Savero berhasil menyabet medali emas dalam kejuaraan RoboCup Singapore Open 2013 yang diselenggarakan di Singapura 4 sampai 6 April 2013 silam.

Keempat pelajar Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Sidoarjo ini berhasil menyabet tahta tertinggi untuk kategori Robot Theater setelah bersaing dengan ratusan peserta yang berasal dari negara lain. “Di Singapura, kami harus bertanding dengan 400 peserta lainnya dari negara Jepang, Singapura, dan China. Dalam kategori Robot Teater, kami menampilkan cerita tentang kelangkaan energi,” jelas Dhadhang, Anggota Komunitas Robot Indonesia yang juga pembina kontingen Indonesia.

Di kompetisi ini tim Indonesia menampilkan aksi teatrikal robot mengenai kelangkaan energi dan diperankan 4 orang yang masing-masing berprofesi sebagai pengusaha, arsitek, karyawan dan mahasiswa. Mereka kebingungan ketika listrik padam, padahal mereka amat membutuhkan listrik untuk menunjang pekerjaan mereka.

“Dari situ, kemudian timbul ide untuk mengatasi kelangkaan energi. Ide itu yakni memakai Robot tenaga surya dan kincir angin. Dua instrumen tersebut kami gunakan sebagai sumber daya listrik,” jelas Rafli Kusumawardhana, pelajar Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Sidoarjo, yang jadi bagian kontingen Indonesia.

Robot teater memang masih tergolong baru di Indonesia. “Robot ini perpaduan seni dan teknologi. Robot yang digunakan di cabang robot ini tidak dibatasi jumlah, bentuk, serta cara pengendalinya,” kata Ketua Komunitas Robot Indonesia, Adiatmo Rahardi

Pemenang kompetisi ini selanjutnya bakal bersaing dalam kejuaraan dunia RoboCup 2013 di Eindhoven, Belanda pada 24 Juni mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.