Mengenal Sosok Joko Widodo

yOgy9UdD

Joko Widodo. Nama yang sudah tak asing lagi di telinga kita. Pria yang lebih dikenal dengan nama panggilan Jokowi ini adalah pemimpin ketujuh Indonesia. Untuk menjadi pemimpin Indonesia, jalan yang ditempuh Jokowi tidak mudah. Dari seorang rakyat Indonesia biasa, sekarang Jokowi bisa menjadi orang nomor satu di negara kita.

Masa kecil Jokowi tidak dilewati dalam kenyamanan dan kemewahan. Sebagai putra seorang tukang kayu, berbagai kesulitan melanda kehidupan Jokowi muda. Untuk membayar keperluan sekolah dan mendapatkan uang jajan, Jokowi sudah harus bekerja. Mulai dari berdagang sampai menjadi kuli, sejak usia muda Jokowi sudah mulai bekerja. Kemahiran bertukang kayu ayahnya diwarisi oleh Jokowi. Saat Jokowi beranjak ke umur 12 tahun, beliau mulai bekerja sebagai penggergaji. Tidak hanya itu, Jokowi kecil sudah mengalami digusur dari tempat tinggalnya tiga kali.

Jokowi lulus dari Jurusan Kehutanan Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Walaupun sekarang beliau adalah seorang Presiden, bukan berarti karier Jokowi sejak awal adalah seorang politikus. Setelah lulus kuliah, Jokowi sempat bekerja di beberapa perusahaan. Setelah beberapa tahun bekerja, Jokowi bertekad untuk membangun usaha di bidang kayu. Akhirnya tekadnya itu diwujudkan dengan usaha sendiri Jokowi, CV Rakabu. Namun akhirnya, usaha Jokowi juga gagal. Perusahaannya bangkrut karena ditipu pesanan yang tidak dibayar. Walaupun sempat mengalami kegagalan, Jokowi tidak menyerah. Dengan bantuan modal dari ibunya, Jokowi bangkit kembali.

Setelah suatu kesempatan untuk berkeliling Eropa, Jokowi terinspirasi oleh pengaturan kotanya yang baik. Akhirnya Jokowi terjun ke dunia politik untuk menerapkan visinya di kota Solo. Jokowi memulai karier politiknya bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Pada tahun 2005, beliau maju sebagai calon wali kota Surakarta. Kemenangan diraih Jokowi dengan persentase suara sebesar 36,62%. Di bawah bimbingan Jokowi, kota Solo mengalami perubahan besar. Pada tahun 2010, Jokowi kembali terpilih sebagai wali kota Surakarta.

Berkat prestasinya mengubah kota Solo, Jokowi dicalonkan menjadi gubernur DKI Jakarta. Dibandingkan dengan calon yang lain, Jokowi kurang unggul. Tetapi dengan perjuangan dan kerja kerasnya, pada 29 September 2012 Jokowi resmi ditetapkan sebagai gubernur DKI Jakarta. Selama periode kepemimpinannya, popularitas Jokowi semakin meningkat. Seperti Solo, Jakarta juga mengalami banyak perubahan besar berkat Jokowi.

Banjir yang setiap tahun selalu menyambangi Jakarta berhasil diatasi. Waduk-waduk yang selama ini terabaikan mulai dioperasikan lagi. Aksi Jokowi menuai pujian tidak hanya dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri. Masalah pemukiman kumuh juga diatasi beliau dengan program relokasi ke rumah susun. Tata kota Jakarta yang dikenal berantakan pun dibenahinya. Tidak hanya mengubah kota, Jokowi juga membantu rakyat Jakarta. Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar diluncurkan untuk membantu rakyat kurang mampu.

Sifat Jokowi yang membumi dikagumi rakyat banyak dan membawa Jokowi menjadi calon presiden Republik Indonesia pada tahun 2014. Sempat terjadi ketidakpastian akan hal ini, karena belum ada pernyataan resmi dari PDI-P. Pada 14 Maret 2014, Jokowi secara resmi menjadi calon presiden Republik Indonesia. Jusuf Kalla kemudian terpilih sebagai calon wakil presiden pasangan Jokowi. Mereka pun dikenal dengan panggilan ‘Jokowi-JK’ semasa kampanye.

Setelah perjuangan keras Jokowi dan Jusuf Kalla, mereka pun berhasil terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Umum Presiden 2014. Visi dan misi Jokowi dalam mengubah Indonesia disetujui oleh rakyat Indonesia. Presiden ketujuh Indonesia, Joko Widodo, dikenal sebagai seorang sosok yang bersih dan mampu menyelesaikan masalah. Kesederhanaan Jokowi membuat banyak orang percaya kepadanya. Rakyat Indonesia menyerahkan kepercayaan kepada Jokowi untuk mengubah negara mereka.

4 Komentar

  1. Avatar
    Sonya Dwikita

    Semoga Pak Jokowi bisa mengemban amanah rakyat dengan baik 🙂

  2. Avatar

    Pak Jokowi keren, ya!

    Salam kenal, Gaby! 😀

  3. Avatar

    Pak Jokowi keren, ya! B)

    Salam kenal, Gaby! 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.