Tips Belajar Untuk Menghadapi Ulangan

ulanganULANGAN adalah satu kata yang menjadi hal yang menakutkan bagi para siswa, iya kan ? apalagi harus mencapai KKM, berbagai cara dilakukan, dari yang halal yaitu belajar semalam suntuk sampai cara yang haram seperti membuat kebetan untuk mencontek,, hal itu bisa dimaklumi, karena semua pasti tidak mau kan kalau sampai harus remedial ?

Sebenarnya banyak tips mengenai cara belajar yang baik, tapi  ada dua hal yang sangat efektif untuk belajar terutama dalam menghadapi ulangan, berikut 2 tipsnya :

1. Garis bawahi dan pelajari kalimat – kalimat yang dirasa penting dan menjadi pokok utama dalam materi, istilahnya kalimat pokok dari suatu materi yang menjadi gagasan intinya,,tapi memang hal ini lebih bisa dilakukan untuk anak yang lebih besar seperti SMP dan SMA dimana mereka sudah bisa membedakan yang mana yang penting dan yang tidak, kalau anak tingkat SD apalagi kelas 1, 2 dan 3 ya jangan diajarin seperti ini, bisa – bisa mereka salah pemahaman seluruh buku di garis bawahi,, hehhe,,, ( sudah pernah pengalaman soalnya,, )

2. Pelajari kembali soal -soal yang ada dalam buku dan LKS karena kemungkinan besar guru mengambil soal ulangan dari situ, saya pernah pengalaman dulu waktu SMU ulangan bahasa inggris dapet 95 sementara yang lain cuma 70 – 80, bukan karena saya jenius tapi ternyata soal UAS itu 95 % diambil dari LKS yang kebetulan saya sudah pelajari kembali malam sebelum ulangan,,  sayangnya 5 % salah karena guru menambahkan dari mereka sendiri, tapi kan lumayan nilai 95 cukup bikin guru kaget hehhe,,,

Sekian tips dari saya,,mohon maaf kalau ada kekurangan,, dilanjut lain waktu,.,

ilustrasi gambar : d-id.facebook.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.