belajar2

Tips Konsentrasi Belajar

Dalam proses belajar, kita perlu konsentrasiyang tinggi. Hal ini tentu sangat penting memastikan kemampuan memahami bahan atau materi dengan tepa. Akan tetapi dewasa ini tidak jarang para siswa mengalami penurunan konsentrasi belajar yang mungkin cukup tinggi. Memang banyak faktor yang akan mempengaruhi seorang siswa bisa konsenttrasi dengan baik saat belaja, baik ketika di rumah atau bahkan di sekolah. Banyak faktor yang menentukan konsentrasi belajar para siswa, seperti: kelelahan, kesehatan, stress, dan gangguan baik internal maupun eksternal.

1. Kelelahan
Kelelahan dapat memicu konsentrasi seseorang menurun. Kelelahan di sini bisa karna kelelahan fisik tetapi bisa juga karena mental. Pengertian kelelahan fisik ini mungkin akan kita alami setelah kita melakukan aktivitas fisik, seperti: berolah raga, perjalanan jauh atau beberapa pekerjaan yang harus menggunakan tenaga atau fisik. Sementara kelelahan mental akan terjadi setelah kita bekerja keras menggunakan pikiran. Misalnya harus menyelesaikan soal yang susah atau menyelesaikan berbagai pekerjaan yang memerlukan pemikiran.

2. Kesehatan
Bagaimanapun kesehatan tetap menjadi faktor utama yang akan mempengaruhi tingkat konsentrasi kita. Ketika kondisi fisikkita menurun tentu juga akan berdampak pada tingkat konsentrasi yang menurun pula. Apalagi kesehatan mental yang terganggu akan sangat nyata dampaknya bagi konsentrasi seseorang. Yang pasti kalau orang yang kesehatan mentalnya sudah terganggu, bagaiman mungkin untuk mampu berkonsentrasi? So, agar kita dapat berkonsentrasi secara optimal tentu kita harus selalu menjaga kebugaran kita baik secara fisik maupun secara mental.

3. Stress
Stress atau perasan tertekan karena adanya banyak masalah atau persoalan. Banyaknya persoalan yang perlu penyelesaian dan memerlukan jalan keluar membuat orang mengalami stress. Persaan seperti ini tentu akan sangat mempengaruhi kita dalam berkonsentrasi. Oleh karena itu, kita perlu memahami dan mengatasinya. Tanpa kita membebaskan diri dari persoalan ini, biasanya konsentrasi tetap kurang optimal.

4. Gangguan
Bentuk gangguan macam apa yang dapat mengganggu konsenttrasi belajar? Saya percaya semua tahu jawabannya. Gangguan yang bersifat internal ini sebenarnya yang paling sering kita alami. Berbagai kemajuan teknologi yang membantu kita untuk mempermudah berbagai aspek kinerja kita justru menjadi gangguan. Sebut saja dengan gadget, tak jarang kita melalaikan tugas karena terlalu sibuk dengan urusan yang satu ini. Membuka gadget menjadi bagian penting, sementara mengabaikan buku di tangan yang harus dibaca untuk bahan ujian esok harinya. Ini contoh salah satu faktor internal yang banyak menjangkiti kita. Selain itu faktor eksternal juga bisa menggangu. Contoh faktor eksternal ini bisa juga suasana yang bising atau polusi suara. Tak jarang kita juga mengalami faktor eksternal ini. Faktor-faktor ini memang tak bisa kita abaikan karena bagaimanpun memang bisa membuat kita hilang konsenttrasi.

Nah, dengan kita mampu mengidentifikasi berbagai persoalan ini, tentu harapannya akan membantu kita untuk lebih konsentrasi. Yang jelas agar kita konsentrasi belajar setidaknya kita harus memperhatikan hal-hal berikut.

1. Beristirahatlah dengan cukup, hindarkan untuk begadang atau tidur terlalu larut. Dengan instirahat yang cukup, tentu rasa lelah yang tadinya sudahmendera kita akan segera sirna. Kesegaran dan semangat yang akan kita rasakan setelah kita beristirahat sesuai kebutuhan.
2. Menjaga pola makan yang sehat dan menghindarkan makan dengan porsi berlebihan. Ketika kita mengonsumsi makanan secara tepat akan membuat kita sehat. Sebaliknya makan yang kurang sehat atau porsi berlebihan akan membuat badan menjadi malas dan mengantuk. Pada saat seperti ini tentu konsentrasi juga akan terganngu. Konsumsi buah dan sayuran serta minum air putih yang cukup.
3. Bersantailah sejenak saat memiliki kesempatan. Menyalurkan dan mengembangkan hobi bisa menjadi salah satu alternatif menghindarkan stress. Bisa juga kita bersantai dengan mendengarkan music atau menikmati alam yang indah. Berbagai langkah kecil ini cukup efektif untuk menghidarkan diri dari stress hingga pikiran menjadi santai.
4. Gangguan internal tentu yang harus mendapat perhatian. Hal ini sangat penting, mengingat ini berhubungan langsung dengan diri kita. Tentu kesadaran dan tanggung jawab pada diri sendiri yang bisa menyelesaikan. Apabila kita tidak memiliki kemauan dan menghindar dari gangguan ini tentu sulit. Setidaknya kita harus punya disiplin diri. Pastikan kalian menentukan jam belajar dengan waktu yang konsisten. Apabila kita memiliki jadwal belajar yang konsisten kita juga bisa membuat sebuah keputusan. Misalnya saja selama jam belajar kita harus menjauhkan diri dari gadget, televise atau alat elektronik apa pun. Sosialisasikan kepada teman-teman bahwa selama jam belajar kita tidak akan menerima telepon, sms, bbm, w.a, line dan segala macamnya. Lakukan secara konsisten, pasti tingkat konsentrasi akan lebih baik atau focus.

Bila kita mau mencoba beberapa tips ini niscaya konsentrasi belajar kita akan focus. Konsentrasi belajar lebih optimal tentu akan mencapai hasil yang optimal juga. Hasil belajar optimal tentu juga berdampak pada pengetahuan yang semakin mendalam. Memiliki pengetahuan mendalam dan wawasan yang luas juga akan berdampak pada kecerdasan yang akan kita perlukan dalam kehidupan.

Mari, kita berlatih konsentrasi! Salam

ilustrasi gambar : http://www.ipeka.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.