Kepribadian Manusia

tumblr_inline_mgdtb43F6Y1qg4knb

Kepribadian adalah ciri- ciri yang menonjol pada diri individu, atau dapat didefinisikan juga sebagai keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda- beda, mulai dari kepribadian yang sehat, atau kepribadian yang tidak sehat.

Seseorang dengan kepribadian yang sehat mampu menilai dirinya secara realistik (menilai kelebihan dan kekurangan dirinya), menerima tanggung jawab, mandiri, dapat mengontrol emosi, dapat merumuskan tujuan dari aktivitas yang dilakukannya, peduli pada orang lain, mau berhubungan dengan orang lain, dan masih banyak faktor lainnya.

Kepribadian adalah aspek yang dapat berubah- ubah. Hal ini berarti bahwa karakter seseorang dapat berubah karena banyak faktor, salah satunya adalah faktor lingkungan. Pembentukan karakter seseorang dipengaruhi oleh lingkungan tempat orang tersebut tumbuh, karena orang tersebut akan berinteraksi dengan individu lain yang ada di lingkungan tersebut.

Kita sebagai manusia yang tidak sempurna pasti memiliki kekurangan- kekurangan dari kepribadian yang kita miliki. Contoh mudahnya adalah sikap malas. Kemalasan sudah seperti penyakit yang melekat di hampir setiap individu. Kita harus dapat memotivasi diri kita sendiri agar dapat menghilangkan kekurangan- kekurangan dari kepribadian kita agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Untuk memperbaiki karakter- karakter buruk kita, para ahli telah menciptakan berbagai tes kepribadian yang ditujukan untuk memahami karakter, kekurangan, kelebihan, dan ketertarikan seseorang. Dengan adanya tes kepribadian, kita dimudahkan untuk mengetahui kelebihan yang kita miliki, agar kita dapat meningkatkannya, mendeteksi kelemahan yang kita miliki agar kita dapat memperbaikinya, dan mengetahui potensi- potensi diri untuk kesuksesan dalam karir dan kehidupan. Selain itu, kita dapat lebih mengenal diri kita, sehingga kita dapat berkompromi dengan diri sendiri dan orang lain dalam berbagai situasi.

Ada beberapa tes kepribadian yang terkenal, seperti tes MBTI (Tes 16 Kepribadian). Tes ini digunakan untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang dalam lingkungannya. Tes ini dapat dicoba di kedua link berikut:

  1. http://www.si-pedia.com/2014/03/tes-kepribadian-mbti-online-gratis-bahasa-indonesia.html (dalam bahasa Indonesia)
  2. 16 http://www.16personalities.com/free-personality-test (dalam bahasa Inggris)

Selain itu, ada juga tes yang membagi kepribadian manusia menjadi 4 tipe, yaitu Sanguin yang ceria, Kolerik yang keras kepala, Melankolis yang mementingkan perasaan, dan Plegmatis yang cuek. Teman- teman dapat mencoba tesnya disini: http://www.quibblo.com/quiz/gSWExoy/Tes-Kepribadian-Sanguin-Koleris-Melankolis-atau-Plegmatis

Tes kepribadian terkenal lainnya adalah tes Introvert, Ambivert, dan Extrovert. Tes ini membagi manusia menjadi 3 tipe. Introvert adalah tipe orang yang tertutup, Extrovert adalah tipe orang yang terbuka, dan Ambivert adalah campuran dari Introvert dan Extrovert. Berikut adalah tesnya: http://lonerwolf.com/introvert-or-extrovert-test/ (dalam bahasa Inggris).

Dengan adanya tes- tes tersebut, kita diharapkan dapat memahami diri kita dengan lebih baik lagi, dan kita dapat memperbaiki kekurangan- kekurangan dari diri kita. Saya harap artikel singkat ini dapat membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.