Tick Tock Escape Room: Real Escape Experience

Apa itu yang disebut escape room? Apakah istilah ini familier di telinga anda? Ataukah istilah ini baru kali ini anda dengar?

Escape room adalah realisasi dari sebuah permainan yang bernama Escape Game (脱出ゲーム; Dashutsu Gemu) di Jepang. Escape game sendiri adalah sebuah permainan dimana anda harus mencari jalan keluar dari sebuah ruangan dengan mencari petunjuk-petunjuk dan memecahkan kode-kode yang ada. Permainan ini awalnya didesain untuk board game atau video game, tetapi sekarang telah muncul banyak escape room  yang memberikan pemain pengalaman yang lebih nyata daripada sekadar bermain di layar maupun papan permainan. Para pemain akan dikunci dalam sebuah ruangan dengan berbagai properti pendukung dan harus mencari jalan keluar dari ruangan itu dalam kurun waktu tertentu. Tentu saja, banyak petunjuk tersembunyi di sekujur ruangan tersebut untuk membantu para pemain.

Pada hari Jumat, 20 Maret yang lalu saya dan beberapa orang teman saya pergi ke salah satu escape room yang terletak di Alam Sutra, Tick Tock Escape Room. Tick Tock Escape Room terletak di Ruko Jalur Sutera, Kav 29A, No 22, Alam Sutera – Serpong. Di Tick Tock Escape Room, tersedia tiga pilihan room dengan skenario dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Anda akan diberikan waktu satu jam untuk memecahkan misteri di ruangan tersebut dan mencari jalan keluar.

Pertama, ada The Mansion Heist yang merupakan room dengan tingkat kesulitan terendah di antara tiga room yang tersedia. Sekitar 50-75% pemain berhasil kabur dari room ini. Skenario yang diberikan di room ini adalah pencurian di sebuah rumah mewah. Jika anda memilih room ini, anda akan berperan sebagai seorang pencuri yang harus mengambil sebuah perhiasan mewah dan membawanya keluar dari mansion dengan selamat.

 

Kedua, ada Murder at Opera House yang memberikan tantangan lebih tinggi dari Mansion Heist. Di room ini, anda akan diberikan skenario tentang pembunuhan seorang pianis ternama. Anda akan berperan sebagai detektif yang menyelidiki kasus pembunuhan penyanyi tersebut. Ada dua objektif yang harus dipenuhi dalam skenario ini, yaitu mencari pembunuhnya dan kabur dari ruangan itu. Tingkat kesulitan room ini adalah menengah, dengan sekitar 45% dari total pemain yang mencoba yang bisa memecahkan kasusnya.

 

Ketiga dan terakhir, ada The Asylum yang adalah room paling sulit. Hanya sekitar 30% dari pemain yang mencobanya yang bisa keluar. Anda akan diberikan skenario dengan latar belakang rumah sakit jiwa. Kali ini, peran anda adalah sebagai seorang mahasiswa kedokteran yang sedang mengunjungi sebuah rumah sakit jiwa. Akan tetapi, seseorang menjebak anda dan mengunci anda di dalam. Tugas anda adalah menemukan siapa yang menjebak anda dan keluar dari ruangan itu.

 

Saya dan teman-teman saya sempat berdebat sebentar tentang room mana yang akan kami mainkan. Awalnya kami ingin memilih The Asylum, tetapi kami juga ragu karena tingkat kesulitannya yang tergolong sulit. Karena takut tidak bisa keluar, akhirnya kami memutuskan untuk tidak memilih The Asylum. Tersisa dua pilihan lagi. Akhirnya kami memilih Murder at Opera House karena kami ingin mencoba tantangan yang lebih sulit, namun masih tergolong biasa.

Sebelum memasuki room, kami diminta untuk meninggalkan semua barang bawaan di dalam sebuah loker berkunci. Kami tidak diperbolehkan membawa apapun ke dalam ruangan, termasuk alat tulis, kertas, dan gadget. Untuk menjaga keamanan barang-barang, loker tersebut akan dikunci dan kuncinya diserahkan kepada kami. Saat memasuki ruangan, seorang pemandu akan memberikan penjelasan tentang skenario room yang kami pilih. Kami juga diberitahu bahwa kami tidak boleh mengutak-atik kabel-kabel di room tersebut. Jika kami terjebak dan tidak tahu harus bagaimana, ada sebuah telepon yang disediakan untuk meminta bantuan. Akan tetapi, kami hanya boleh meminta bantuan tiga kali saja. Setelah penjelasan selesai, di pemandu keluar dan mengunci kami di dalam ruangan. Di pojokan ruangan terdapat sebuah monitor dengan countdown timer yang menunjukkan sisa waktu kami.

Di dalam room, terdapat berbagai properti pendukung yang membuat kami merasa seakan-akan berada di sebuah backstage rumah pertunjukan. Di antara properti-properti tersebut tersembunyi berbagai petunjuk yang bisa digunakan untuk memecahkan kode-kode yang ada. Setiap benda yang ada di ruangan tersebut pasti ada tujuannya. Akan tetapi, anda juga harus ingat untuk tidak terlalu banyak berpikir dan malah fokus pada sesuatu yang tidak penting. Selama bermain, diputarkan musik latar yang menegangkan dan menciptakan suasana yang misterius.

Anda harus menemukan jalan keluar dari ruangan tersebut dalam jangka waktu 60 menit. Jika anda telah melewati 60 menit, seorang staf akan datang dan membukakan pintu untuk anda. Jadi, jangan khawatir jika anda tidak bisa memecahkan kasus di room yang anda pilih. Setelah bermain, anda juga bisa berfoto-foto untuk kenang-kenangan. Tersedia berbagai properti unik untuk berfoto, seperti lup pembesar, topeng, borgol, pipa cerutu, papan narapidana, dan lain-lain. Di antara properti tersebut juga terdapat papan-papan yang bertuliskan “We escaped” (Kita berhasil kabur) atau “We are stuck” (Kita terjebak) untuk memamerkan keberhasilan maupun kegagalan anda.

Saya dan teman-teman saya sangat menikmati waktu yang kami habiskan di Tick Tock Escape Room. Walaupun kami tidak berhasil keluar dari room yang kami pilih, kami bisa merasakan serunya mencoba memecahkan berbagai kode yang ada. Tentu saja, ada juga rasa frustasi karena kami tidak bisa kabur serta tekad untuk kembali mencoba di lain hari. Bermain di Tick Tock Escape Room cocok dilakukan untuk rekreasi bersama teman maupun keluarga. Anda bisa belajar untuk bekerjasama dalam memecahkan kasus dan mengasah kemampuan berpikir anda. Jika anda menikmati bermain escape game di gadget anda, anda pasti akan sangat menikmati bermain di Tick Tock Escape Room. Anda tidak bisa hanya meng-klik layar gadget anda dengan asal, di escape room ini anda harus benar-benar mengerahkan seluruh kemampuan anda dan berpikir keras untuk mencapai tujuan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Tick Tock Escape Room, silahkan kunjungi situs www.ticktockescape.com

3 Komentar

  1. Avatar

    Menarik sekali,, terima kasih infonya,,, sangat bermanfaat

  2. Avatar

    Wah, sepertinya menarik! Saya baru tahu bahwa ada tempat rekreasi yang seperti ini hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.